Perketat Pengawasan Pemilu, Bawaslu Haltim Gelar Diskusi Dengan Wartawan

Bawaslu Haltim Gelar Diskusi Dengan Wartawan

HALTIM, CH– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Timur (Haltim) menggandeng para jurnalis atau wartawan untuk memperketat pengawasan pada pemilihan umum (pemilu) 2024.

Sebagai tahap awal, Bawaslu mengundang para wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar diskusi yang berlangsung di Kantor Bawaslu Haltim, Senin (6/11/2023).

Diskusi ini dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bawaslu dengan PWI terkait dengan pengawasan pemilu.

Anggota Bawaslu Haltim, Susana Corry Rotinsulu, mengatakan pers sebagai mitra strategis dalam pengawasan partisipatif mengahadapi tahapan pemilu. Jika ada informasi yang berkait dengan pelanggaran pemilu, secara tidak langsung pers dapat menginformasi baik secara langsung ke Bawaslu maupun ke media.

“Tentunya kami sangat berterimaksih atas kerjasama ini, muda-mudahan kedepan kerjasamanya lebih baik lagi dalam berkolaborasi mencipatkan pemilu Haltim lebih baik lagi. Apabila dalam kerja sama ini ada hal-hal yang perlu dibicarakan maka akan dibicarakan nanti,” katanya.

Senada, anggota Bawaslu Haltim, Alherfan Barmawi, mengaku luas wilayah Haltim cukup besar. Tentunya dalam pengawasan yang dilakukan baik dari Bawaslu kabupaten hingga desa, sejauh ini dianggap berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sehingga dengan kerja sama ini pers dapat membantu mengawasi dan memberikan informasi terkait dengan dinamika pemilu yang terjadi diseputaran masyarakat.

“Maka dari itu diharapkan dengan kehadiran Pers tentunya menambah spirit bagi Bawaslu, agar dapat mempermudah ruang kerja pengawasan Bawaslu Haltim dalam rangka menegakkan keadilan pemilu,” tuturnya.

Semenetara Itu, Ketua PWI Haltim, Muhammad Kabir, juga berharap agar kerja sama ini dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan.

“Saya juga berharap kepada pengurus PWI, dengan adanya kerja sama ini dapat berpartisipasi aktif dalam mengawal tahapan Pemilu Tahun 2024,” harapnya.

Nehemia bustami
Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

Show More
Back to top button