Pilkades Serentak Masuk Tahap Penetapan DPS

171
Suasana Panitia Pilkades Wailukum Yang Tampak Sibuk Bekerja

MABA, CH- Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) tampak sibuk. Saat ini, pekerjaan panitia sudah sampai pada tahap penetapan dan pengumuman daftar pemilih sementara (DPS).

Pada tahapan ini, panitia hanya diberikan waktu mulai 28-30 September 2021. Setelah selesai melakukan pemutahiran data pemilih pada 25-27 September.

Ketua Pilkades Wailukum Kecamatan Kota Maba, Imran A. Rahman pada wartawan cerminhalmahera.com, mengharapakan masyarakat pemilih yang ada di Desa Wailukum agar dapat melihat namanya di DPS yang sudah diumumkan melalui selebaran yang dipampang di Kantor Desa.

Amran juga menyebutkan, jumlah DPS di Desa Wailukum sebanyak 1.039 pemilih. Menurutnya data dari Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Haltim ini didalamnya masih termasuk  nama-nama warga di saat  PT. Haltim Mining masih beroperasi di Desa Wailukum.

Lanjutnya, jumlah data ini akan mengalami pengurangan saat pihaknya melakukan verifikasi dan pencocokan data. Sebab saat ini perusahaan tidak lagi beroperasi sehingga banyak warga dari  luar yang telah meninggalkan Desa Wailukum.

BACA JUGA  Tiga Tahap Sekaligus, Penyaluran BLT Di Desa Sil Selesai

“Data pemilih di Desa Wailukum sebelum perusahaan masuk beroperasi itu sebanyak 600 pemilih lebih, namun pada saat data Pilkada Haltim kemarin mencapai 785 pemilih karena ada penambahan pemilih  pemula, dan data Pemilih dalam Pilkades ini belum dipastikan jumlahnya, apakah jumlah tetap di angka 785 pemilih ataukah kurang atau ada tambahan, karena saat ini panitia masih kroscek data,” jelasnya.

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here