PKK Kecamatan Maba Harap DPMD Haltim Plot ADD 30 Persen Untuk PKK Desa

371

Foto Bersama Camat Dan Tim Penilai

BULI,CH- Walaupun di guyur hujan deras, tim penilaian administrasi 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) 2019 di Kecamatan Maba  Buli yang di ketuai Rusni Baktiar dan 5 anggotanya berjalan lancar, yang disambut langsung oleh camat Maba Robert Barbakem SH dan ketua PKK Kecamatan Maba Sumarni Djini.

Dalan kesempatan itu, Sumarni Djini mengharapkan, agar di 2019 kali ini Kecamatan Maba tetap meraih peringkat ke 1 tingkat kabupaten, sekaligus mempertahankan peringkat 1  tingkat kabupaten pada  2018 lalu. “Walaupun masih ada sedikit kekurangan, namun tim penggerak PKK Kecamatan Maba tetap membuka diri apapun keputusan dari tim penilai,” kata Sumarni dalam sambutanya, Sabtu (28/9/2019).

Selaku Ketua Tim PKK Kecamatan Maba, Sumarni merasa bertanggungjawab atas tim pengerak PKK desa.  Sumarni menitip amanat kepada tim penggerak PKK Kabupaten untuk dapat berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Haltim agar tahun depan anggaran PKK di desa ditingkatkan dan diikutsertakan dalam setiap Musrembang.

BACA JUGA  Batasi Peserta Hadiri HUT RI Di Buli Viral Di Medsos, Panitia Minta Maaf

“Agar PKK di tiap desa bisa menyampaikan program dan dapat diakomodir dalam 30 persen pemberdayaan dari Anggaran Dana Desa (ADD) agar  di kelolah langsung oleh PKK di masing-masing desa dalam hal ini pokja-pokja,”harapnya.

Camat Maba Robert Barbakem SH, juga mengharapkan agar dalam penilaian nanti tidak ada permasalahan. Camat juga siap mendorong serta mendukung setiap aktifitas PKK. “Sebab program-program PKK sangat jelas karena menyentuh langsung kepada masyarakat melalui pokja di desa masing-masing,”jelasnya.

Robert juga mengharapkan  para kepala desa dalam wilayah Kecamatan Maba, agar ditingkatkan anggaran PKK 30 persen  melalui ADD, yang diperuntukan  untuk pemberdayaan dan anggaran pemberdayaan dikelolah langsung oleh PKK melalui pokja,” harapnya.

Semetara itu ketua tim penilai administrasi 10 Program PKK tingkat kabupaten, Rusni Bahtiar dalam sambutan mengatakan, kedatangan dia bersama anggota tim bukan hanya penilaian tetapi juga melakukan pembinaan terhadap administrasi PKK dalam wilayah Haltim.

“Dalam penilaiyan  kalau administrasi PKK kecamatan itu baik maka di tingkat desa juga baik. Masalah anggaran saya akan berkoodinasi dengan DPMD  Haltim agar 30 persen ADD dikelolah oleh PKK sebab di dalam PKK sudah ada pokja-pokja sesui dengan arahan dari pak Sekda,” tukasnya.

BACA JUGA  Hindari Gesekan Antara Warga, Dinas Pertanian Akan Sosialisasi Ternak Sapi

Dalam penilaianya, Rusni mengaku administrasi PKK Kecamatan Maba sudah jauh lebih bagus ketimbang administrasi di 2018. “Ada hal-hal kecil yang masih kurang, tetapi perubahan PKK Kecamatan Maba jauh lebih baik dari tahun sebelumnya,” akunya.

Dalam kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan tropi bergilir, serta sertifikat dan bonus lomba PKK tingkat Kabupaten 2018 yang di raih oleh PKK Kecamatan Maba.

Hadir dalam acara tersebut yakni anggota tim penilai  Nurkila Edmon, Jamalia Sahril, Ira fajriah Daud,  Wenny H. Fabanyo, dan Siti Nurjana Ilyas. Serta Plh. Kepala Desa Geltoli Barce Batawi,   ketua PKK desa dan ketua Pokja di 10 desa se Kecamatan Maba. Kedatangan tim ini disambut dengan tarian cakalele dari sanggar bailo siswa-siswi SPN 1 Maba. (Red)

Reporter : Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here