Polres Haltim Siap Amankan Natal Dan Tahun Baru

520

Foto Bersama, Polres Haltim, TNI, Pemerintah Daerah Bersama Tokoh Masyarakat Di Halaman Polres Haltim. (Foto: Nehemia CH)


BULI, CH- Menjelang natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Halmahera Timur (Haltim) menggelar apel pasukan dalam persiapan Operasi Lilin. Operasi ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyakat.

Sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Drs. Idham Azis. M.Si yang di bacakan oleh Waka Polres Halmahera Timur (Haltim) Kompol Surahman mengatakan, Apel Gelar Pasukan disenggerakan secara serentak di seluruh Indonesia, guna nemastikan kesiapan personil dan peralatan pengamanan dalam Operasi Lilin tahun ini, guna menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Operasi Lilin dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020. Fokus pengamanan yaitu Gereja, tempat wisata, pusat pembelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, dan bandara.

Selain personil Polri, pengamanan ini juga melibatkan personil TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom, dan Instansi lainnya.

BACA JUGA  Tenaga Kerja PT. JAS Sarankan Disnaketrans Haltim Gelar Rapat Jangan Sepihak

Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan  premitif dan preventif dengan didukung kegiatan intelejen. Prediksi Intelejen, terdapat 12 potensi  kerawanan yang harus diantisipasi, yaitu terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan trasportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial, tawuran, bencana alam, konvoi dan balapan liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba atau minuman keras.

Kapolri juga memastikan  setiap personil hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya, lakukan deteksi dini dengan memetahkan titik-titik kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. “Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system dan mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” kata Kapolri melalui sambutan tertulis yang dibacakan, Kompol Surahman di halam Polres Haltim, Kamis (19/12).

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut, dirangkaiyan dengan pemeriksaan pasukan serta pemasangan pita Operasi Lilin Tahun 2019, oleh Kompol Surahman ke personil instansi Dinas Perhubungan, Satlantas dan TNI.

BACA JUGA  Danramil Wasile Gelar Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AD

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Haltim yang diwakili Asisten III Tamrin Bahara, Kadis Perhubungan Ubaid Yakub, Camat Maba Robert Barbakem, Danpos AL Maba, Letda Laut Pelaut Edy Sugiabto, Danramil Maba yang diwakili Pelda Is Karepesina dan, Satpol PP, Perwakilan dari Polairud Buli Brigpol Sufardi, para kepala desa, pemangkuh agama, serta para perwira dan anggota di linkup Polres Haltim dan  kapolsek jajaran. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here