Panitia Kembali Seleksi 4 Calon PAW Kepala Desa Geltoli

561

Foto Bersma Panitia, Camat dan 4 Calon PAW

BULI, CH- Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tingkat kabupaten, Selasa (19/11) kembali melakukan seleksi terhadap 4 calon pergantian antar waktu (PAW) terhadap almarhum Kepala Kepala Desa Geltoli Timotius Tayawi.

4 calon yang kembali diseleksi itu diantaranya, Robin Gula, Diana Boway, Herasmus Tatengkeng, dan Bartje Batawi. Mereka diseleksi langsung oleh panitia Pilkades tingkat kabupaten yang terdiri dari Badalan Uat, dan Bustam Latawan yang berlangsung di Kantor Camat  Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim).

Seleksi ini terpaksa harus dilakukan untuk menggugurkan salah satu dari 4 calon tersebut, sesuai dengan Permendagri Nomor 7 tentang PAW kepala desa, tidak bisa lebih dari 3 calon. “Seleksi berkas  yaitu ijasa, surat keterangan dari desa bagi calon yang pernah menjadi staf desa dan SK bupati bagi calon yang pernah menjabat Anggota BPD dan berkas lainya, serta pengisian pertanyaan soal sebanyak 50 nomor dan wawancara,” kata Badalan.

Badalan, yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Haltim ini mengaku, hasil seleksi ini akan disampaikan ke panitia pilkades tingkat desa pada, Kamis (21/11) yang kemudian akan diumumkan ke publik.

BACA JUGA  RKPDES Gamesan Prioritas Wisata, Geltoli P3

Camat Maba Robert Barbakem  berharap agar 4 calon yang mengikuti seleksi ini bisa terima hasil keputusan panitia apabila diantara 4 calon ini ada yang gugur sesuai dengan hasil seleksi.”Harus iklas apabila ada yang gugur, sebab seleksi tambahan atau penilaiyan ini sesuai dengan berkas  yang bakal calon ajukan serta sesuai dengan hasil jawaban soal yang diisi oleh calon,” harapnya.

Menurut camat, panitia kabupaten akan trasparansi dan mengikuti aturan atau prosudur yang berlaku dan tidak ada Intervensi atau berpihak dari sala satu bakal calon. “Kami dari kecamatan tidak masuk dalam panitia,  maka dari itu apa yang menjadi putusan panitia maka itu lah putusan bakal calon juga, karena sesuai nilai,”tuturnya.

Ketua Panitia PAW Kepala Desa Geltoli Rihcardo Matrutty, menjelaskan, sesuai jadwal penetapan calon PAW kepala Desa Geltoli yakni pada, Rabu dan Kamis (21/11). “Maka kami panitia akan melakukan penetapan pada hari kamis,” tukasnya. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here