Puskesmas Jailolo Target Vaksinasi 15 Ribu Warga

182

Kepala Puskesmas Jailolo, Muhammad Iksan Dagasuli


HALBAR, CH- Puskesmas Jailolo  Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), menargetkan vaksinasi ke 15 ribu warga. Target ini terhitung mulai Juni hingga Agustus 2021.

Kepala Puskesmas (Kapus) Jailolo, Muhammad Iksan Dagasuli mengatakan, sebelum itu pihaknya sudah melakukan vaksin untuk tahap pertama ke tenaga kesehatan, tahap kedua TNI Polri dan tahap ketiga untuk masyarakat.

“Memasuki Juni sampai Agustus ke depan untuk Puskesmas Jailolo target kita sebanyak 15.000 orang yang divaksin,” kata Muhammad Iksan, Sabtu (10/7/2021) dikediamannya.

Untuk mencapai target tersebut, pihak puskesmas telah turun langsung ke desa-desa yang ada di Kecamatan Jailolo.   Menurut kapus, ada partisipasi baik dari Pemerintah Desa, BPD, Tokoh Pemuda, Masyarakat dan Tokoh Agama.

Jadwal Vaksinasi di Puskemas Jailolo, tiga hari dalam seminggu yakni, Senin, Selasa dan Rabu. Vaksin tidak hanya berlaku bagi warga di wilayah kerja Puskesmas. Warga dari luar wilayah Puskesmas Jalilolo juga bisa divaksin.

“Persyaratan yang harus dipersiapkan oleh  yang bersangkutan yaitu KTP sebagai identitas diri, jika tidak ada bawa KK karena di lihat NIK, ini dilakukan supaya dikeluarkan sertifikat vaksin,” katanya.

BACA JUGA  Faisal Noho Terpilih Sebagai Ketua DPC AWPI Halbar

Lanjut dia, ada warga yang takut untuk divaksin, seperti warga di Desa Pabos. Namun setelah pihaknya turun ke desa tersebut, justru banyak warga yang merespon baik soal vaksin.

Dia menambahkan, jika mengharapkan warga datang ke  Puskesmas hanya sekitar 10 orang datang. Selain warga, pegawai  Dinas Dukcapil, Inspektorat, Ketahanan Pangan dan Rumah Sakit juga melakukan di Puskesmas Jailolo.

“Kami berharap agar warga jangan terlalu percaya dengan isu hoaks (tidak benar) karena vaksin aman dan halal.  Terbukti kami di Dinas Kesehatan dan TNI/Polri yang dihawatirkan tidak ada,” harapnya.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here