Wakil Bupati Halbar Siap Kawal Pengembangan Budi Daya Udang Vaname

106
Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhammad Bersama Rombongan Saat Panen Udang Vaname

HALBAR-CH, Budi daya Udang Vaname oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, akan menjadi tanggungjawab penuh oleh Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhamad untuk melakukan pengawalan.

Wakil bupati yang juga Ketua Forum Budidaya Tambak Udang Vaname Halbar ini mengatakan, ikut bertanggungjawab budi daya Udang Vaname ini hasil produksinya selalu berjalan dengan normal demi meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Sekedar informasi atas berkat kerjasama dengan Kepala Dinas Perikanan, Agustinus Mahole dan pihak berKentingan lainnya di Pemkab Halbar sehingga pada tahun 2022 akan kita mendapat alokasi anggaran 10 miliar dari DKP Malut untuk pengembangan budi daya udang,” ungkapnya,  di acara tambak Udang Vaname, yang dilakukan DKP Halbar, Maluku Utara, Sabtu (19/9)

Djufri berharap, dengan kabinet yang baru dilantik beberapa hari kemarin bisa bekerja keras agar daerah ini bisa berkembang di sektor perikanan. Dia juga meminta kepada Kepala DKP Halbar bisa memanfatkan masyarakat Desa Tuada Kecamatan Jailolo yang menjadi lokasi tambak Udang Vaneme. Dengan tujuan, agar  masyarakat juga bisa ikut menikmati hasilnya demi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA  Dinas Pertanian Halbar Bakal Siapkan Lokasi Perternakan

“Jika produksi udang setiap bulan berjalan normal, ke depan pengembangan budi daya  tambak udang Vaname bisa di bangun di desa yang lain, misalnya Desa Gamlamo, Mariambati dan desa lainnya yang sulit akan ekonomi agar keadilan itu bisa dirasakan, agar mereka juga bisa menikmati pula,” ujarnya.

Berdasarkan amatan cerminhalmahera.com usai sambutan,  wakil bupati bersama istri didampingi  kepala DKP dan para kelompok pengusaha lokal tambak Udang Vaname setempat melakukan panen komoditas udang. Hasil panenya sangat memuaskan, yakni dua ton lebih.

Riko Noho

Reporter : Riko Noho
Editor : Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here