Bupati Halbar Dorong Pertanian Jadi Sektor Unggulan

43
Bupati Halbar, James Uang

HALBAR-CH, Bupati Halmahera Barat,  Maluku Utara, James Uang akan mendorong pertanian menjadi sektor unggulan demi untuk kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan bupati di acara Grand Design (Rancangan Induk) pembangunan SDM Pertanian di Aula Baikole, Rabu (29/9).

“Ini suda saya sampaikan  kepada kadis Pertanian untuk mendesain dan melakukan kegiatan pertanian yang benar-benar menyentuh kepada petani yang ada di Halmahera Barat,” kata James.

Menurutnya, masyarakat Halbar saat ini lebih suka bekerja sebagai karyawan tambang ketimbang menjadi petani. Mungkin pendapatannya di sektor pertanian tidak sebansing dengan pekerjaan lainya. Dengan program Grand Desain Pembangbangunan SDM Pertanian ini, diharapkan Dinas Pertanian agar memanfaatkan kesempatan ini  untuk SDM Pertanian di 2045 mendatang.

“Dan hasil yang diperoleh dimplementasikan dalam tugas pengabdian di Halmahera Harat sehingga masyarakat kita khususnya di pertanian ini bisa diberikan harapan dan diberikan motifasi yang baik sehingga kedepan mereka menjadi petani yang bermartabat bagi diri sendiri,” ucapnya.

Orang nomor satu di Pemkab Halbar ini berjanji, dalam kebijakan penganggaran APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) 2022 nantinnya akan didorong untuk sektor pertanian. Berupa penganggaran pengadaan bibit dan peralatan pertanian ke masyarakat.

BACA JUGA  DPRD Minta Pemda Tinjau Kembali Keberadaan Indomaret Di Halbar

“Selain anggaran dipersiapkan dan (SKPD) harus mempunyai link untuk berkomunikasi dengan kementerian untuk bisa memfasilitasi kebutuhan petani kita di Halmahera Harat,” ujarnya.

Riko Noho

Reporter : Riko Noho
Editor : Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here