Putusan Hasil Pilkades Laluin Diduga Intervensi KMB

534

Sekret KMB di Desa Laluin

HALSEL, CH – Putusan hasil gugatan sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara menuai kontroversi. Pasalnya, banyak calon kepala desa terpilih yang bakal tidak dilantik alias gugur.

Salah satunya adalah Viki Salama. Calon kepala desa terpilih di Desa Laluin Kecamatan Kayoa Selatan ini harus menerima kenyataan pahit. Viki yang mampu mengalahkan tiga calon kepala desa lainya melalui pemilihan secara demokrasi ini tidak akan dilantik.  Dirinya dinyakan gugur oleh tim penanganan sengketa pilkades yang dibentuk oleh Pemerintah Daerah setempat.

Hasil putusan sengketa Pilkades Laluin yang diumumkan oleh Tim penanganan sengketa pilkades memutuskan Fadli A. Rasid sebagai pemenang Pilkades Laluin. Padahal, pada saat pemlihan, Fadli A. Rasid keluar sebagai pemenang kedua.

Warga setempat menilai, Tim penanganan sengketa Pilkades tak lagi independen. Warga menudu, putusan hasil sengketa Pilkades Laluin ada kedekatan hubungan emosional antara Fadli A. Rasid dengan Rahim Yasin selaku tim penanganan sengketa Pilkades, melalui lembaga Kerukunan Masyarakat Bajo (KMB).

BACA JUGA  Minimnya Pegawai Bank, Buka Tabungan BRI Di Halsel Antri Hingga Berhari-Hari

“Sebenarnya bukan lagi rahasia, namun suda diketahui masyarakat Desa Laluin, karena yang membangun sekret KMB di Desa Laluin semuanya adalah pendukung Fadli A. Rasid. Sementara Rahim Yasim adalah Ketua Umum KMB jadi keduanya ini adala hubungan emosianal melalui lembaga KMB,” beber, Iksan A. Yusuf salah satu warga Desa Laluin kepada cerminhalmahera.com Minggu, (15/1/2022).

Lanjut Iksan, sekret KMB yang dibangun oleh Fadli dan pendukunya itu dengan maksud tertentu. Yakni Fadli akan dibantu oleh Rahim pada saat Pilkades yang berlangsung pada 2022 kemarin.

Senada juga disampaikan oleh Ketua BPD Laluin, Anwar Ahad. Ia membenarkan sekret yang dibangun oleh Fadli itu adalah sekret KMB, yang ketua umunya adalah Rahim Yasin.

“Masa Viki Salamat yang ada ini lagi menunggu putusan terakhir siapa sebenarnya yang akan dilantik, kalaupun Fadli yang akan dilantik maka perpecahan ditengah masyarakat akan terjadi, kondisi dilapangan memang seperti itu,” kata Anwar.

Warga meminta agar, Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik untuk menganulir kembali hasil patusan sengketa Pilkades Laluin yang dimenangkan oleh Fadli A. Rasid.

BACA JUGA  Ini Alasan Viki Soal Penyaluran BLT Di Desa Laluin

Sekedar diketahui, paskan hasil putusan sengketa diumumkan, ratusan pendukung Viki Salamat melakukan aksi penolahan terhadap hasil putusan yang memenangkan Fadli A. Rasid.

Reporter: Nuski A. Saban
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here