Sepak Terjang Camat Wasile Selatan Gadaikan Lahan Ke PT. IWIP Berakhir Di Tangan Pemdemo

954

Bupati Halmahera Timur, Ir. Muhdin Hi. Ma’bud Saat Bertatap Muka Dengan Warga Wasile Selatan, Selasa (7/7/2020)


MABA, CH- Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga. Pepatah ini pantas dialamatkan ke Camat Wasile Selatan, Man Usman. Kenapa tidak, secara diam-diam ratusan hektar lahan yang diduga digadaikan ke PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) oleh Man Usman akhir terbongkar.

Jabatan Man Usman sebagai camat pun akan hilang sekejap, setelah orang nomor satu di Pemkab Haltim, Ir. Muhdin Hi. Ma’bud meminta kepada Man Usman untuk segera meletakkan jabatannya, karena dianggap Man Usman telah melanggar kewenangan bupati. “Lewat kesempatan ini, saya minta camat mengundurkan diri terhitung mulai hari ini,” pinta Muhdin, dihadapan warga, Selasa (7/7/2020) saat menemui masa aksi di Desa Nusa Jaya Kecamatan Wasile Selatan.

Dalam kesempatan itu, bupati Haltim yang ikut didampingi Wakil Ketua II DPRD Haltim, Idrus Maneke beserta sejumlah anggota juga menegaskan, jika tidak bertentangan dengan aturan Bawaslu maka dirinya sudah langsung melakukan pemecatan terhadap camat yang sudah semena-mena memberikan lahan yang masuk wilayah Haltim ke PT. IWIP.

BACA JUGA  Sekdes Lolobata Dipecat Tanpa Sebab

“Seandainya bukan larangan dari Bawaslu, besok itu sudah keluar SK pemecatan camat,” tegasnya.

Sekedar diketahui, tindakan camat yang diduga menggadaikan lahan seluas 120 hektar ke PT. IWIP itu baru diketahui warga, saat melakukan aksi di PT. IWIP yang beroperasi di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) baru-baru ini. Aksi ini pun berlangsung di Kantor Camat Kecamatan Wasile Selatan hingga pemboikotan jalan lintas Trans Halmahera.

Aktifitas jalan lintas kembali normal setelah bupati menemui massa aksi. Massa aksi pun tampaknya berhasil mengawal aspirasi rakyat setelah mendengar pernyataan bupati yang secara tegas meminta camat segera mengundurkan diri.

Perlu diketahui juga lahan Haltim yang dicaplok oleh PT. IWIP seluas 8.174 hektar yang masuk wilayah Kecamatan Wasile Selatan seperti yang disampaikan oleh bupati di depan masyarakat Wasile Selatan. (Red)

Reporter: Abdurahman Patola

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here