Surga Yang Tersembunyi di Ujung Pasifik

470

Penulis:
Ahmad Damir Idi
Pegiat Lingkar Study Paska Sarjana Yogyakarta

Morotai sebagai salah satu wilayah pulau terluar bagian utara menghadap Samudera Pasifik memiliki keunggulan geopolitik dan ekonomi serta memiliki potensi sumber daya bahari yang kaya akan alam bawah lautnya juga memiliki daya tarik wisata budaya sejarah yaitu peninggalan Perang Dunia ke II, dengan adanya bukti-bukti sejarah yang dapat kita jumpai di darat maupun dasar laut sampai sekarang masi tetap terjaga di museum, bandara, bangkai kapal laut maupun pesawat terbang yang tersimpan di dasar laut, masi banyak lagi yang dapat kita jumpai sisa-sisa perang dunia ke II.

Morotai tidak hanya di kenal dengan sejarah perang dunia ke II tetapi Morotai juga memilki sumber daya yang berlimpah, potensi tersebut dapat dijadikan peluang untuk mengembangkan pariwisata baik itu berbasis alam, budaya, maupun buatan.
Morotai terdapat pulau-pulau yang layak untuk dikunjungi dan pantai-pantainya yang mempesona cocok untuk dijadikan objek wisata.

Morotai memiliki objek wisata alam yang tidak kalah menarik adalah Tanjung Gorango, Tanjung Sopi Tabailenge, Air Kaca, Tanjung Sagolo, dan morortai juga memiliki pulau-pulau dan keindahan alamnya yang mempesona, salah satunya adalah Pulau Dodola yang menjadi ikon pariwisata di Pulau Morotai, pelau tersebut menjadi satu objek wisata yang terus di kunjungi oleh wisatawan manca Negara maupun Domestic. pasirnya yang putih dan lautnya yang jernih sehingga pulau tersebut dijadikan sebagai destinasi wisata unggulan di pulau Morotai. Tidak hanya Pulau Dodola yang memiliki pasir yang putih dan airnya yang jernih, tetapi ada pulau Zum-zum yang sering di kunjungi oleh wisatawan asing karna di pulau itu ada bukti sejarah perang Dunia ke II, dan pulau tersebut menjadi tempat peristrahatan pada saat itu oleh panglima sekutu perang dunia ke II, sehingga pemerintah mengabadikan sebua patung yakni patung Jenderal Douglas Mac Arthur. Masi banyak lagi pulau-pulau yang dapat dikunjungi dan dijadikan tempat untuk daiving maupun snorkeling.

BACA JUGA  Antara Pembangunan Dan Kerusakan Ekosistem Laut Di Desa Laluin

Potensi objek wisata Pulau Morotai begitu berlimpah sehingga suda sepastanya Morotai dijadikan sebagai wisata bahari, dengan keindahan pantai dan sisa-sisa perang dunia ke II, keunikan tersebut mempunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi dan patut dikembangkan menjadi ekowisata bahari agar ekosistem alam tetap terjaga. Ekowisata menurut The International Ecotourism Society (2002) adalah suatu bentuk perjalanan yang bertanggung jawab ke kawasan konservasi, Sehingga Menjaga kelestarian lingkungan sangat penting untuk masa yang akan datang. Yoeti (2006) pariwisata tidak menjual hutan, melainkan keindahan hutannya, tidak akan menjual binatang langkah, tetapi menjual kelangkaan binatang itu dan seterusnya.

Pengembangan pariwisata di pulau morotai dalam menyambut 10 destinasi prioritas pariwisata yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Pusat, Pulau Morotai masi terus melengkapi sarana-prasarana objek wisata, objek wisata tanpa ada dukungan infrastruktur suda pastinya tidak ada wisatawan yang akan datang berkunjung ke destinasi tersebut. Pariwisata tidak terlepas dari Atraksi, Aksebilitas, Amenities, dan Anciliary, keempat indikator tersebut sangat berperan penting untuk mendorong majunya objek wisata, sehingga jikalau keempat aspek di atas tidak di hiraukan oleh pemangku kepentingan pariwisata suda pastinya destinasi yang dikembangkan hanya akan sia-sia.
Kunjungan wisatawan di setiap destinasi wisata memiliki motif tertentu yakni untuk menikmati keindhan alam untuk berlibur dan lain-lain sehingga tidak terlepas dengan menikmati atraksi yang di sediakan oleh tempat destinasi tersebut, Morotai di kenal dengan pantai yang memiliki sejuta keindahan, terumbu karang, sisa-sisa peninggalan sejarah perang dunia ke II yang berada di dasar laut, dan biota laut yang beragam, dari beberapa keunikan tersebut pemerintah bisa jadikan aktifitas Daiving, Morotai memiliki sumber daya perikanan yang berlimpah sehingga bisa dijadikan sebagai atraksi bagi wisatawan dan mencoba untuk melakukan aktifitas secara langsung dengan para nelayan. Masi banyak lagi atraksi-atraksi yang harus di kembangkan oleh Pemerintah untuk mendorong majunya pariwisata di Morotai.

BACA JUGA  Pancasila Sudah Jelas Dalam Pembukaan Konstitusi Negara

Pengembangan destinasi wisata, aksesbilitas sangat penting dan mempengaruhi minat wisatawan untuk datang ke suatu destinasi, wisatawan akan mengedepankan aksesbilitas yang terdapat di suatu destinasi, infrastruktur jalan akses ke tempat objek wisata, kendaraan yang dapat menghubungkan ke tempat destinasi.
Amenitas juga sangat penting untuk mendukung sarana prasaran parawisata, Hotel, Restaurant, souvenir (oleh-oleh), tidak terlepas dari fasilitas tersebut, fasilitas toilet umum, rumah makan, keamanan, informasi, warung dan lain-lain yang dapat digunakan oleh wisatawan ketika berkunjung di tempat destinasi wisata tersebut, karena layanan umum yang berada di tempat destinasi wisata juga harus diperhatikan untuk mendorong objek wisata tidak hanya memiliki sumberdayanya tetapi destinasi tersebut juga memiliki fasilitas yang memadai.
Keterlibatan masyarakat untuk mendorong destinasi wisata juga sangat penting sehingga organisasi kemasyarakatan (anciliary) harus di dorong agar kesadaran masyarakat dalam membangun Pariwisata juga harus ada, Pemerintah jumempunyai peran penting sehingga pemerinta harus sering melakukan pelatihan atau worshop kepariwisataan terhadap masyarakat untuk mendorong perkembangan pariwisata yang berada di Pulau Morotai.

Dalam perkembangankan pariwisata Pemerintah sangat berperan penting untuk mendorong majunya destinasi wisata di setiap Daerah, pemerintah berperan untuk melakukan kerjasama dengan setiap pemangku kepentingan pariwisata yaitu dari pihak Swasta, Masyarakat, Academia, Media dan pelaku pariwisata itu sendiri.
Strategi Pemerintah yang dilakukan untuk menjadikan destinasi wisata di pulau Morotai dapat menarik wisman Manca Negara maupun secara Nasional, pemerintah harus melakukan strategi-strategi promosi semacam sosialisasi di media Nasional maupun media lokal untuk mengangkat branding destinasi wisata yang berada di Morotai, event-event yang bertaraf Nasional maupun Internasional agar keunikan-keunikan yang berada di Pulau Morotai dapat terekspos ke manca Negara maupun Nasional, langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kab.

Pulau Morotai dalam menyelenggarakan event yang nantinya akan dilaksanakan di Pulau Morotai akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan pariwisata yang ada di Morotai.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here