26 November PAW Kades Geltoli

Panitia Bersama Calon Kepala Desa

BULI, CH – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antar Waktu Kepala Desa Geltoli Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim)  akan segara dilaksnakan. Sebanyak 4 kandidat yang telah mendaftar ke pihak panitia.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Geltoli Richardo E. Matrutty pada Wartawan Cerminhalmahera.com, mengatakan, selama 8 hari panitia membuka pendaftaran calon kepala desa Geltoli dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejak 28 Oktober hingga 7 November 2019, dengan nomor. 03/PAN.PIL-KDS/KD/2019, hanya 4 orang yang memasukan berkas calon kepala desa.

“Mereka adalah, Robinson Gula, Herasmus Tatengkeng, Diana Boway, dan  Bartje Batawi. Daftar pemilih yang mewakili sebanyak 55 orang yang terdiri dari 11 Unsur yang ada di desa Geltoli,” kata Richardo, Jumat (08/11).

Disebutkan, keterwakikan  11 unsur ini masing-masing mendelegasikan 5 orang untuk masuk dalam daftar pemilih. Unsur – unsur tersebut meliputi, Tokoh Masyarakat, Agama,Pendidikan, Perwakilan Kelompok Tani,  Nelayan, Pengrajin,Perempuan,  Pemerhati dan Perlindungan Anak, Masyarakat Miskin, dan unsur masyarakat lain sesuai dengan  kondisi sosial budaya masyarakat setempat. 

Lanjut Richardo, sesuai arahan dari panitia kabupaten, bahwa dari 4 calon kades yang suda terdaftar akan diseleksi kembali oleh panitia kabupaten karena calon kades minimal  2 orang dan maksimal hanya 3 orang. “Lebih dari tiga orang harus dilakukan seleksi tambahan, ini sudah di atur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri, Nomor. 65 tahun 2017, tentang Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu melalui Musyawara Desa” jelasnya.

Sementara waktu pelaksanaan pemilihan akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2019,  saat ini pihak panitia mulai mempersiapkan tahapan selelsi berkas yang dijadwalkan pada tanggal 13 – 19 November. “Seleksi berkas apabila calon lebih dari 3 orang, penetapan calon dan nomor urut tanggal 20-22 November, masa tenang dan distribusi logistik tanggal 23-25 November,” tukasnya. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

Show More
Back to top button