515 Kendaraan Terjaring Razia dalam Operasi Patuh Polres Haltim

165

Kasat Lantas Polres Haltim, Ikwan SE

HALTIM, CH- Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Halmahera Timur (Haltim) berhasil menjaring 515 kendaraan roda dua maupun roda empat dalam Operasi Patuh kali ini.

Ratusan kendaraan ini terjaring selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 13-26 Juni 2022. Kendaraan yang kena tilang ini disebabkan karena tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

Dari total kendaraan yang di tilang,  roda dua sebanyak 462 kendaraan dan roda empat sebanyak 53 kendaraan. Ratusan kendaraan ini ditilang karena pengendara tidak dapat menunjukan surat-surat kendaraan, (STNK dan SIM) serta tidak menggunakan helm baik pengemudi maupun yang dibonceng.

“Maka langsung di tilang, itu dilihat sesuai kasat mata dilapangan, sedangkan 56 pengendara yang ditegur tidak ditahan karena¬† pengendara motor tidak memakai sepatu, tidak menggunakan pelindung badan jaket dan tidak menggunakan masker,” kata Kasat Lantas Polres Haltim, Ikwan di ruang kerjanya, Senin (27/6/2022).

Ratusan kendaraan yang terkena razia ini, berkasnya akan disidangkan di Kantor Pengadilan Tidore pada 1 Juli 2022. Sedangkan Barang Bukti (BB) kendaraan diamkan di Kantor Polres Haltim. Setelah sidang, hasilnya dikembalikan ke Kejaksaan Negeri Haltim.

BACA JUGA  RKPDES, Buli Asal Dan Wayafli Fokus Ekonomi Dan Pembangunan
Penyaluran Sembako ke Warga Suku Togutil

“Apabila pemilik mau membayar denda tilang di Tidore bisa saja, setelah di bayar bisa langsung ambil kendaraan di Polres Haltim,” jelasnya.

Ikwan juga meminta kepada para pengendara roda dua agar menggunakan sepatu pada saat berkendaraan. Hal ini bertujuan agar para pengendara tidak mengalami luka di bagian jari-jari kaki pada saat kecelakaan.

Meskipun jumlah kendaraan yang terjaring kali ini terbilang banyak. Namun Ikwan memberikan apresiasi kepada para pengendara roda dua, bentor dan roda empat karena dianggap banyak yang sudah mematuhi aturan berlalulintas.

Sebab menurut Ikwan, dari data yang ada jumlah kendaraan yang ditilang kali ini angkanya menurun ketimbang tiga tahun lalu. Sementara data di 2020 dan 2021 hanya diberikan teguran karena dalam suasana Covid-19.

Dalam operasi patuh secara serentak di seluruh Indonesia ini, Satlantas Polres Haltim bersama dengan Tim Penilaiyan dari Mabes Polri tentang Zona Integritas Polres Haltim juga melakukan pembagian 100 paket sembako ke warga Suku Tugutil di Dusun Waisimo Desa Baburino Kecamatan Maba dan Dusun Titipa Desa Dodaga Kecamatan Wasile Timur.

BACA JUGA  Ini Sikap DPRD Haltim Soal Penolakan PT. Priven Lestari Oleh Warga

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here