Anggaran CSR 2021 PT. Antam Mulai Dibahas

685

Murembang Anggaran CSR 2021 PT. Antam (Foto: Nehemia CH)


BULI,CH- Pihak PT. Aneka Tambang (Antam) bersama Pemerintah Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara mulai membahas anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) 2021 melalui Musyawara Rencana Pembangunan (Musrembang), di Aula Kantor Camat Maba, Rabu (25/11/2020).

Camat Maba Robert Barbakem SH, berharap, agar pihak PT. Antam dapat menamba jumlah anggaran CSR pada 2021 nanti sesuai tawaran dari peserta musrembang. “Agar  program yang belum diakomodir pada tahun 2020 bisa di akomodir pada tahun 2021,  mengingat usulan pada tahun 2020 hanya 300 usulan yang diakomodir dari 500 usulan,  sebab sebagian anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19,” kata Robert.

Camat juga meminta kepada peserta musyawarah agar  program yang di usulkan kali ini harus yang proritas dan tidak terlalu banyak. Sebab CSR 2020 sebesar Rp. 6 miliar untuk Kecamatan Maba tidak mencuki karena terlalu banyak usulan. “Untuk itu kepada peserta Musrembang agar mengecek kembali usulan tersebut agar jang sampai ada yang terlupakan sebelum disahkan pada Desember 2020 nanti,” pintanya.

BACA JUGA  Danramil Wasile Gelar Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AD

Dikesempatan itu, camat juga membeberkan,  Musrembang CSR yang dilakukan setiap tahun ini hanya dilakukan oleh PT. Antam. Sementara perusahaan lain yang beroperasi dalam wilayah Kecamatan Maba tidak ada program CSR.

“Padahal tiap perusahaan yang beroperasi sudah dicantumkan dalam Andal termasuk CSR, namun yang masyarakat rasakan dan nikmati hanya CSR dari PT. Antam saja,” kesalnya.

Sementara itu, Perwakilan dari PT Antam Ast. Manager Comdev Krisno Budiharto
meminta agar usulan dalam Musrembang CSR jangan hanya pada pembangunan, melainkan diusulkan juga  program penanganan Covid-19 berupa pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) serta kebutuhan lainya.

“Untuk program dalam desa, kepala desa harus memasukan APBDes  ke PT. Antam, agar program dan anggaran tidak tumpah tindih, apabila APBDes tidak di masukan, maka mempengaruhi proses pencairan dana CSR 2021 nanti,” jelas  Krisno.

Sementara jumlah CSR 2021, Krisno mengaku belum mengetahui berapa besaranya.  “Yang pasti ada perbedaan sedikit di 2020, namun saat ini kami masi berpatokan dengan anggaran tahun sebelumnya,” akunya.

BACA JUGA  Pemuda Muhammadiya Sambut Baik Pj. Bupati Haltim

Kapolsek Maba, Ipda Thoha Alhadar S.sos, mengharapkan kepada para kepala desa agar mempergunakan anggaran CSR  dengan baik demi kepentingan masyarakat. “Pihak kepolisian akan mengawal penggunaan anggaran ini,” tegas kapolsek.

Hadir dalam Musrembang CSR ini,
Koramil 1505/04 Maba yang diwakili Peltu, La Ono, Kasat Reskrim Polres Haltim Iptu Ambo Welang SE, para kepala desa, BPD, Karang Taruna, Kepala Sekolah TK sampai SMA se Kecamatan Maba, para ormas, toko agama dan toko Adat. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here