Antar Jemput Pasien, Ambulance PKM Bicoli Berisiko Ambruk di Jalan

317
Kondisi Mobil Ambulance Milik PKM Bicoli

HALTIM, CH- Kondisi Mobil Ambulance milik Puskesmas Bicolli (PKM)  di Kecamatan Maba Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara sangat tak layak lagi untuk digunakan, karena sangat berisiko bagi pasien.

Kondisi mobil terbilng rusak berat. Kacah mobil tak lagi utuh, picah kiri kanan, bodi mobil terlihat bolong di mana-mana. Peralatan medis dalam mobil juga ikut rusak, belum lagi tempat pasien yang terlihat kumuh dan amburadul.

Meskipun demikian, kondisi mobi yang sewaktu-waktu bisa ambruk di jalan itu, masih saja digunakan oleh pihak PKM untuk menjemput pasien di Dusun Lakoda, Desa Sil, Sowoli dan merujuk pasien ke RSUD Maba dengan kondisi jalan yang rusak. Mobil ini masih tetap digunakan karena dalam kondisi terpaksa.

Kondisi Dalam Mobil Ambulance

“Ambulance ini so tra bisa ganti ka, ini bisa-bisa pasien jatuh dari mobil sopir tara tau,” kesal salah satu warga setempat.

Kepala PKM Bicoli, Ahmad Abdul Kader menjelaskan, pihaknya masih tetap menggunakan mobil tersebut karena tidak ada jalan lain. Ahmad mengaku, semenjak dirinya ditugaskan di PKM Bicoli sudah 13 kali merujuk pasien dengan menggunakn mobil penumpang.

BACA JUGA  APBD Haltim Diketuk Antara Defisit Dan Pelunasan

“Sementara mobil penumpang pakai rujuk pasien sekarang ini PKM mau klem di BPJS tidak terbayarkan. Setiap rujuk dengan mobil penumpang  Rp. 700 ribu. Rp. 600 ribu sewa mobil, Rp. 100 ribu untuk pendamping pasien,” kata Ahmad, saat dikonfirmasi Media CH2M Group, Sabtu (2/7/2022).

Pria yang biasa disapa Mado ini mengaku, pihaknya sangat kesulitan disaat anggaran operasional belum dicairkan. Dia dan bendahara terpaksa harus memikul beban meminjam uang kiri-kanan demi menyewa mobil penumpang untuk kenyamanan pasien saat di rujuk.

“Kesulitan ini lah yang membuat kami masih menggunakan Mobil  Ambulance ini, meskipun kondisinya sangat membahayakan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Haltim, Abdullah Yakub saat mendapingi Wakil Bupati Haltim, Anjas Taher melakukan Safari Ramadhan baru-baru ini di Masjid Raya Bicoli mengatakan, di 2022 ini pihaknya mendapatkan beberapa bantuan Mobil Ambulace, dan salah satunya akan diperuntuhkan untuk PKM Bicoli. (Ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here