Berbekal DD, Pemdes Gamesan Berhasil Bangun Jembatan Dan Rumah Warga Miskin

367

Jembatan Yang Dibangun Pemdes Gamesan Melalui DD Akhir 2020 (Nehe CH)


BULI, CH- Pemerintah Desa Gamesan di bawah pimpinan Eddy Nikiyuluw terus bekerja ekstra untuk membangun desanya. Berbekal Dana Desa (DD), Eddy berhasil merubah desanya untuk jauh lebih baik.

Setelah sebelumnya berhasil membangun jalan dan infrastruktur lainya. Kali ini Eddy kembali membangun jembatan dan rumah layak huni (RLH) berbekal sisa DD di akhir tahun 2020.

Sisa DD sebesar Rp. 100 juta sekian, Eddy mampu memanfaatkan untuk membangun jembatan beton di dalam desa dengan volume 4×5 meter untuk mengganti jembatan kayu yang sudah lapuk di makan usia.

Selain itu, Eddy juga memanfaatkan sisa DD itu untuk pembangunan 2 unit RLH dengan volume 6×7 meter bagi warga kurang mampu.

Kepada Cerminhalmahera.com, Edy mengaku sisa DD itu dicairkan sejak Desember 2020. Namun karena bertepatan dengan Natal dan Tahun Baru sehingga program kerja baru mulai berjalan pada Januari 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Gamesan Eddy Nikiyuluw pada Cermin Halmahera.Com Selasa (19/1), Eddy mengatakan bahwa, anggaran Dana Desa (DD) sudah dicairkan pada Bulan Desember 2020, namun bertepatan dengan Natal dan Tahun Baru maka tidak ada program yang di kerjakan, pekerjaan dilaksanakan pada Bulan Januari 2021 yakni

BACA JUGA  82 KK Di Desa Bebsili Terima Bantuan Program Pencegahan Covid-19

“Pembuatan jembatan beton ukuran 5×4 meter dengan anggaran sebesar Rp. 70 juta dan dua yunit rumah layak huni ukuran 6×7 meter dengan anggaran masing-masing satu unit 26 juta,” kata Eddy, Selasa (19/1/2021) di Desa Gamesan.

Eddy menyebutkan, Desa Gamesan mendapat jatah DD di 2020 sebesar Rp. 880 juta. Namun anggaran tersebut banyak dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19 dalam bentuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) serta program lainya.

“Sehingga dana sisa di akhir tahun 2020 itu kami fokuskan untuk pembangun fisik, semoga apa yang kami bangun ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Pantauan Cerminhalmahera.com, dari 10 desa yang ada di Kecamatan Maba baru Desa Gamesan yang menjalankan program kerja melalui sisa DD akhir 2020. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here