BUMDes Sowoli Lirik Potensi Desa

618

Sekretaris BUMDes Sowoli, Jaidi Abdul Gani


MABA, CH- Pemerintah Desa Sowoli melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mulai melirik potensi yang ada di desa. Desa yang berada di penghujung Kecamatan Maba Selatan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) ini menyimpan sejumlah potensi yang sangat menjanjikan.

Sekertaris BUMDes Sowoli, Jaidi Abdul Gani mengatakan pemanfaatan terhadap potensi desa adalah hal yang prinsip yang harus dikembangkan oleh BUMDes, sebagai mana desa harus mampu mengembangkan imansipasi lokal dalam bentuk usaha-usaha yang mendatangkan ekonomi mandiri.

Dijelaskan, potensi ekonomi lokal melalui BUMDes harus di perdayakan sedemikian rupa sesuai pemerintah desa menurut PP No. 11 Tahun 2019 dan pengelolaan keuangan, serta Permendagri No. 20 Tahun 2018.

BUMDes Sowoli kata Jaidi memiliki target dan perencanaan kawasan khusus untuk dimanfaatkan agar dikelolah, termasuk merintis kerja sama dengan pihak lain untuk mengembangkan unit usaha kecil dan spot wisata yang berada di wilayah Sowoli. “Pemuda sowoli itu antusiasnya dengan dikembangkanya spot-spot wisata dan usaha kemandirian desa,” kata Jaidi, Selasa (5/2/2020).

BACA JUGA  54 KK Di Desa Peteley Terima BLT

Jaidi menjamin Desa Sowoli memiliki banyak keunikan pantai yang bisa dijadikan sebagai potensi di bidang wisata. Sowoli memiliki pasir putih yang indah di sepanjang bibir pantai, juga terumbu karang yang tersusun rapih menjadi pesona bahari. “Sowoli Memiliki pasir putih sejauh mata memandang, terumbu karang yang indah dan pemandangan pantai yang bagus,” tukasnya.

Selain potensi wisata, Desa Sowoli juga memiliki potensi ikan dasar serta Ketam Kenari atau disebut kepiting kelapa (Birgus latro) yang sangat menjanjikan. “Dengan potensi desa ini, saya bersedia bersama pemuda mengambil peran untuk memanfaatkan sumber daya alam maupun manusia, menjadikan Sowoli sebagai desa produktif,” tutupnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here