Butuh Perjalanan Dua Hari, Kapolres Haltim Salurkan Bantuan Ke Warga Tugutil

524

Kapolres Haltim, Mikael Sitanggang Saat Menyalurkan Sembako Ke Suku Tugutil Yang Diterima Langsung Oleh Kepala Suku, Tiraji, Minggu (17/5/2020)


MABA, CH– Suku Tugutil dalam wilayah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) terus mendapat perhatian serius dari Kapolres AKBP Mikael Sitanggang, S.IK, MH. Setelah menyalurkan bantuan ke Suku Tugutil lainya, Mikael kembali menyalurkan bantuan ke Suku Tugutil ditempat yang berbeda.

Jika sebelumnya menyalurkan bantuan ke Suku Tugutil yang berada di Kecamatan Wasile, kini kapolres menyalurkan bantuan ke Suku Tugutil yang berada Kecamatan Wasile Selatan, tepatnya di Camp 8 milik PT. Weda Bay Nikel.

Jarak tempu ke wilayah tersebut membutuhkan waktu kurang lebih dua hari untuk pergi pulang melalui kendaraan roda dua, roda empat hingga berjalan kaki selama 5 jam menelusuri semak belukar, sungai serta naik turun perbukitan  yang membahayakan.

Melalui Kasubag Humas Polres Haltim Iptu Jufri Adam, S.Sos, kapolres beserta rombongan menyalurkan bantuan berupa sembako. Penyaluran sembako ini sebagai bentuk kepedulian terhadap Suku Tugutil sekaligus membantu warga kurang mampu akibat Covid-19.

BACA JUGA  Pejabat Bersihkan Sampah, Warga Buli Jadi Penonton

“Pak kapolres bersama rombongan tiba di lokasi pada malam hari dan harus bermalam, besok hari setelah penyaluran langsung balik pulang,” kata Jufri, Minggu (17/5/2020)

Bantuan diterima langsung oleh Kepala Suku Tugutil, Tiraji beserta keluarganya. “Dihadapan Suku Tugutil, pak kapolres menyampaikan akan memberikan bantuan serupa per tiga bulan sekali yang akan disalurkan ke Kepala Desa Saolat Kecamatan Wasile Selatan selanjunya disalurkan ke Suku Tugutil,” ujar Jufri.

Mewakili warganya, Tiraji dihadapan kapolres beserta rombonganya memgatakan,bantuan seperti ini baru pertama mereka dapatkan selama tinggal di hutan dan baru pertama kali menerima kunjungan dari pihak kepolisian.

“Ini suatu kembanggaan dan sejarah bagi kami dan tidak kami lupakan, terima kasih pak kapolres beserta rombongan  dengan setulus hati mau melihat kami walaupun tempat tinggal kami jauh dan harus tempuh dengan berjalan kaki,” ucap Tiraji dengan bahasa Tugutil.

Perlu diketahui Mikael yang belum setahun bertugas di Haltim ini sudah mengunjungi beberapa Kecamatan yang menjadi tempat Suku Tugutil untuk menyalurkan sembako. Direncanakan dalam waktu dekat kapolres akan mengunjungi Suku Tugutil yang berada di Kecamatan Maba Utara.

BACA JUGA  Gagal Pertahankan Ricky, Tamrin Bahara Resmi Jabat Pj.Sekda Haltim

Kunjungan kapolres ke Suku Tugutil yang berada di lokasi PT. Weda Bay Nikel ini didampingi oleh  Kasat Intel, Iptu Donrik Djini, SH. M Th, Kasubag Humas Iptu Jufri Adam, S.Sos, Kapolsek Wasile Selatan  Ipda Agustian Maulana,S.Trk, KBO Lantas Ipda Ikra Patamani, SH, Kepala Desa Saolat Melieser Dawanaka, dan 10  orang Anggota Polres Haltim. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here