Dampak Perusahaan Tambang, Sejumlah Desa Di Haltim Bakal Jadi Desa Adat

574

Sosialisasi Desa Adat Di Kantor Desa Lolobata

WASILE, CH- Sejumlah desa dalam wilayah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Propinsi Maluku Utara akan dikukuhkan menjadi Desa Adat.  Salah satunya adalah Desa Lolobata di Kecamatan Wasile Tengah.

Pembentukan desa adat ini dimulai dengan rapat sosialisasi yang berlangsung di Kantor Desa Lolobata pada, Kamis (28/11) oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Haltim, Badalan Uat dan Ketua Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Haltim, Julfian H. Usman. 

Julfian menjelaskan,  pembentukan desa ada ini  megacu pada surat Kementerian Desa tertanggal 29 Maret 2019 dengan nomor: 69/PPMD.00.01/III.2019 tentang usulan pembentukan desa adat di Halmahera Timur. Menurut Julfian surat ini penting untuk ditindaklanjuti karena pada tahun 1974 ijin usaha pertambangan yang di keluarkan oleh pemerintah dengan dalil untuk kesejahteraan masyarakat  menuai pro dan kontra. “Persoalan pertambangan yang disosialisasikan oleh pemerintah maupun pihak perusahaan  jau dari harapan masyarakat, maka dengan itu harus ada pembentukan hak ulayat adat dengan rencana pembentukan desa adat sesuai dengan perintah pemerinta pusat,” jelasnya. 

BACA JUGA  Pentingnya Kesehatan, Puskesmas Lolobata Gelar MMD

Ketua Adat Qimalaha Lolobata Hadun H. Ishak dengan senang hati menerima pembentukan desa adat teraebut. Secara kelembagaan adat, Hadun akan siap menyediakan apa yang dibutuhkan oleh tim. “Apabila tim mau membutuhkan apa saja yang terkait persoalan kesiapan adat maka Qimalaha Desa Lolobata siap untuk berikan,” tuturnya. 

Kepala Desa Lolobata Iskandar Maulana, juga memberikan respon positif atas usulan tersebut. Pemerintah desa bersama masyarakat setempat siap mendukung pembentukan Desa Lolobata menjadi desa adat. “Karena desa adat akan mengajarkan kita untuk bisa saling menghargai budaya, anak muda bisa menghargai yang tua untuk itu pembentukan desa adat ini sagat di harapkan di lingkungan desa Lolobata ini,” harapnya. 

Senada juga disampaikan oleh Ketua karang taruna Desa Lolobata Tahwim Hamisi. Dia bersama rekan-rekan karang taruna siap membantu pikiran dan tenaga dibutuhkan oleh tim. “Jikala tenaga pikiran dibutuhkan oleh tim maka karang taruna Desa Lolobata siap melaksanakan perintah dengan harapan supaya Desa Lolobata bisa masuk dalam pembentukan desa adat,”tukasnya. 

BACA JUGA  Program Pemberdayaan, Pemdes Bicoli Salurkan Bantuan

Informasi yang dihimpun, selain Desa Lolobata, Desa Bicoli dan sejumlah desa lainya yang memiliki kaitan langsung dengan adat akan dibentuk menjadi desa adat. (Red) 

Reporter: Abdurrahman Patola

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here