Kadis Dirolling, Pelayanan Capilduk Haltim Lumpuh

85

Edwar Surentu, S.Sos, Sekdes Sangaji

HALTIM, CH- Bagi warga yang hendak berurusan dengan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Capilduk) Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) dimohon untuk bersabar. Pasalnya, pelayanan di instansi tersebut dikabarkan mandet alias lumpuh.

Informasi yang dihimpun cerminhalmahera.com, pelayanan berupa Kartu Tanda Penduduka (KTP) maupun dokumen lainya belum bisa diproses oleh instansi tersebut. Hal ini disebabkan karena
Kepala Dinas Capilduk ikut mengalami pergantian yang dilakukan oleh Bupati, Ubaid Yakub dan Wakil Bupati, Anjas Taher baru-baru ini.

Hal ini berpengaruh terhadap tanda tangan kepala dinas. Dimana, tanda tangan elektronik kepala dinas harus ikut dirubah di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“So datang jauh-jauh baru, kamari dong (pihak capil) alasan belum bisa baurus karena tanda tangan kadis belum di rubah,” keluh salah satu pengunjung Capilduk, Selasa (17/1/2022).

Senada juga disampaikan oleh Sekertaris Desa Sangaji, Edwar Surentu, S.Sos. Menurutnya, masyarakat tidak bisa urus dokumen apapun di Dinas Capilduk karena harus mengubah tanda tangan elektronik di Kemendagri. Dan untuk merubahnya membutuhkan proses yg cukup lama.

BACA JUGA  80 KK Di Desa Wayafli Terima BLT 4 Bulan, Pemdes Buli Asal Salurkan Di Pulau Bemsili

“Kadis lama di roling ke Inspektorat. Sedangkan Capilduk tidak ada kepala dinas yang ganti kepala dinas lama. Saat ini yang isi kekosongan cuma sekretaris. Dan jabatan Plt itu berapa lama. Apakah Capilduk harus menunggu kadis definitif atau Plt yang harus ke kemendagri ganti tanda tangan,” tanya Edwar.

Edwar mendesa bupati dan wakil bupati agar segera mengambil langkah untuk mengatasi masalah yang ada di Capilduk demi pelayanan masyarakat.

“Sampai kapan pelayanan bisa kembali normal. Kasihan masyarakat yang datang urus dokumen,” ucarnya.

Sekedar diketahui, belum lama ini bupati dan wakil bupati kembali rolling jabatan sejumlah pimpinan SKPD. Salah satunya adalah Kepala Dinas Capilduk, Irawan Mabub. Irawan di rolling menjabat sebagai Kepala Inspektorat. Sementara jabatan lama Irawan Mabud di isi oleh sekertaris Dukcapil dengan jabatan Plt. Kadis Dukcapil.

Reporter: Tim
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here