Di Haltim Harga BBM Di Pengecer Tembus 20 Ribu/Liter

1087
Antrian di SPBU Buli

BULI, CH – Beberapa hari  terakhir kemarin terjadi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bensin, petramax maupun pertalite di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Hal ini membuat sejumlah oknum pengecer memanfaatkan situsi ini dengan menjual BBM harga yang sangat fantastis.

Di Buli Kecamatan Maba misalnya, ada oknum pengecer yang ditemukan cerminhalmahera.com menjual BBM jenis petramax dengan harga hingga Rp. 20 ribu per liter. Meskipun dengan harga yang begitu tinggi, para pengendara terpaksa harus membelinnya, karena tidak ada pilihan lain. Naiknya harga secara sepihak ini, terjadi disaat terjadinya kelangkaan BMM dalam beberapa hari kemarin.

Antrian di APMS Sangaji

Sementara itu, Selasa (7/8/2021) pagi tadi tampak terlihat antrian panjang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Buli. Ratusan warga dengan kendaraan roda dua, tiga dan empat maupun para pengecer rela antri hingga berjam-jam untuk mendapatkan BBM yang baru saja masuk ke SPBU. Sebelumnya antrian panjang juga terlihat di Agen Penyalur Minyak Solar (APMS) Desa Sangaji Kecamatan Kota Maba dan SPBU di Desa Bicoli Kecamatan Maba Selatan.

BACA JUGA  Terkait Perumahan Pusksmas Labi-Labi, Bobi: Saya Sudah Bekerja Maksimal Dan Tak Ada Utang Piutang

Mengatasi antrian panjang di SPBU Buli, pihak pengelolah mengfungsikan tiga pompa sekaligus. Satu pompa melayani kendaraan roda dua dan bentor, satu pompa lagi melayani kendaraan roda empat, dan  yang satunya lagi melayani para nelayan yang menggunakan gelong.

Antrian di SPBU Bicoli

Pengelolah SPBU Buli, Dani Sito mengatakan, sesuai informasi yang diterima dari Pertamina, kelangkaan BBM ini terjadi disebua SPBU dan APMS yang ada di Maluku Utara. Hal ini disebabkan karena kapal tangker pengangkut BBM dari Sorong menuju pangkalan BBM di Tobelo Halmahera Utara mengalami keterlambatan.

“Untuk SPBU Buli tidak terjadi kekosongan BBM, cuman BBM di beberapa SPBU dan APMS di Haltim stoknya habis maka para sopir dan nelayan menyerbu di SPBU Buli untuk mendapatkan BBM,” ujar pria yang biasa di sapa Kojer itu ke cerminhalmahera.com di lokasi SPBU.

Kojer memastikan, stok  BBM akan kembali normal seperti biasa, karena informasi yang dia dapatkan dari pihak pertamina, kapal tangker pengangkut BBM dari Sorong sudah tiba di Pelabuhan Tobelo.

BACA JUGA  Pemerintah Kecamatan Maba Gelar Sosialisasi Peran Dan Fungsi BPD

Nehemia bustami

Penulis: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here