Dinas Satpol PP dan Damkar Halbar Tahun Ini Usul Dua Unit Mobil Pemadam

59
Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Halbar, Muhammad Adam

HALBAR, CH-Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) dan Pemadam Kebakaran Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Hamahera Barat (Halbar), Maluku Utara, di 2021 ini bakal mengusulkan dua unit Mobil Damkar ke pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Halbar, Muhammad Adam mengatakan, pengusulan penambahan mobil Damkar ini, lantaran Pemkab Hal saat ini baru memiliki dua unit Mobil Damkar. Jumlah ini tentuntanya tidak mampu melayani seluruh wilayah Halbar dengan luas mencakup 9 kecamatan.

“Wilayah kerja kita ini sangat besar dan jika kita hanya mempunyai du Mobil Damkar tentunya sangat merepotkan kerja yang kita lakukan di lapangan jika pada waktu-waktu tertentu terjadi kebakaran,” kata Muhmmad saat ditemui cerminhalmahera.com di kediamannya, Jumat (10/9/2021) malam.

Dia berharap, pengusulan Mobil Damkar ini bisa membuahkan hasil. Jika berhasil pihaknya, akan segera membentuk Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Damkar untuk menjangkau kecamatan yang jauh dari ibu kota kabupaten.

“Ini dilakukan sebagai antisipasi  karena jika terjadi kebakaran di Kecamatan Ibu umpanya dan ketika kita dari Jailolo baru bergegas menuju ibu, suda pastinya saat tiba di lokasi kebakaran rumah warga suda terbakar habis. Oleh karena itu pentingnya mobil kebakaran lebih dari dua agar warga terlindungi dari bahaya kebakaran,” jelasnya.

BACA JUGA  Pemkab Halbar Hibahkan Tanah Untuk Pembangunan Kantor Kodim

Tambahnya, selain itu pihaknya akan membentuk peraturan bupati (Perbup) tentang penertiban ternak, karena khususnya di Kecamatan Jailolo di Desa Acango dan Desa Hatebicara banyak ternak sapi yang berkeliaran di jalan, sehingga ikut menggangu kenyamanan masyarakat terutama para pengendara maupun pejalan kaki.

“Untuk itu kita akan secepatnya buat perbup agar masyarakat paling utama pemilik sapi bisa mengetahui dan bisa menjaga sapinya dengan baik,” tuturnya.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here