Dinilai Tak Ada Kontribusi, Wakil Bupati Halbar Bakal Panggil Pihak PT. TUB

252

 

Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhammad


HALBAR, CH- Dalam waktu dekat, Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar), Djufri Muhammad bakal memanggil pihak PT. TUB. Pasalnya, perusahaan tambang emas yang beroperasi di Kecamatan Loloda ini dinilai tidak memberikan kontribusi ke daerah.

Kepada wartawan, Djufri mengaku rencana untuk memanggil pihak perusahaan ini, sebagai tindak lanjut dari sorotan DPRD Halbar yang meminta pemerintah daerah segera menghentikan aktivitas perusahaan, karena tidak ada kontribusi ke pemerintah daerah.

“Kita akan undang pihak PT. TUB untuk meminta informasinya tentang tahap produksi dan perizinan suda sejauh mana karena hal ini ranahnya pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi,” kata Djufri baru-baru ini di Kantor Bupati.

Meski demikian, orang nomor dua di Pemkab Halbar ini membantah tudingan DPRD tentang pihak perusahaan tidak memberikan kontribusi ke daerah. Sebab kata Djufri, Pemkab Halbar akan tetap mendapat kebagian berupa dana royalti yang ditransfer oleh pihak perusahaan ke Pemerintah Pusat, kemudian Pemerintah Pusat mentransfer ke Pemerintah Daerah.

BACA JUGA  Totari Balacai: Kopra Putih Solusi Mengatasi Terpuruknya Harga Kopra Asap

“Jadi keliru jika DPRD menjastis bahwa perusahan tidak membayar kontribusi ke daerah. Kontribusi wilayah pertambangan terhadap daerah nantinya dilihat apakah berupa sumbangan, CSR dan lain-lain,” ujarnya.

Perlu diketahui perusahaan yang sudah beroperasi kurang lebih 5 tahun ini, dikabarkan belum membayar ganti rugi lahan di area pertambangan seluas 1.210 hektar milik warga.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here