Kemenkes Bersama Unkhair Ternate Gelar Workshop Berbasis Masyarakat

414
Kemenkes Bersama Unkhair Ternate Saat Gelar Workshop

HALBAR, CH- Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unkhair Ternate menggelar Workshop. Kegiatan yang difokuskan pada persoalan Covid-19 ini berlangsung di Aula Bidadari Lantai I Kantor Bupati, Rabu (10/11/2021).

Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Marhaeni Hasan Sp.A.,M.M mengatakan, cakupan angka pasien covid 19 di Indonesia salah satunya di Halbar dengan  angka terendah. Hal ini yang membuat pihaknya memilih Halbar sebagai tempat kegiatan Workshop.

Kata dia, ini dibuktikan dengan data Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, bahwa pasien positif Covid 19 di Halbar dari 600 pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan angka kesembuhan 558 orang. Sehingga kementerian kesehatan kembali melakukan Worksop dengan cakupan tersebut.

“Namun dengan laporan-laporan atau data itu tidak bisa kita ragukan dengan sempurna, oleh karena itu mari kita sama-sama membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona agar kita selamat dari wabah ini,” kata Marhaeni melalui video cal.

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Dinas Kesehatan Maluku  Utara, Dokter Andi Sapurawati, M.Kes, mengatakan workshop ini dengan sasarannya kepada kepala-kepala puskesmas untuk  dapat membentuk Post UKK (Usaha kesehatan Kerja) di setiap kecamatan yang ada di wilayah kerjanya masing-masing.      .

BACA JUGA  Bupati Halbar: Anggaran Kecil Jangan Buat Program Besar

“Tujuannya supaya warga mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik lewat 5 M, 3 T dan vaksinasi dari tenaga/tim kesehatan. Sebab dengan kondisi pendemi covid sekarang kita ketahui mereka sebagai tulang punggung keluarga termasuk investasi bangsa dan meningkatkan perekonomian dan lain-lain,” jelas Andi, saat menyampaikan materinya.

Lanjut dia, pasien positif Covid 19 di Halbar mulai muncul hingga saat ini yang meninggal 31 orang. Sementara yang dirawat saat ini 4 orang dan yang sembuh 558 orang dari  total 600 pasien yang terkonfimasi Covid.

Workshop dengan tema “optimalisasi upaya kesehatan berbasis masyarakat untuk meningkatkan cakupan kesehatan olahraga serta pengawasan kepatuhan protokol kesehatan di Maluku Utara” ini berlangsung aman dan lancar.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here