DPRD Haltim Temukan Guru MTS Hairan Tidak Terima Honor Dari 2017

891

Sekertaris Komisi I DPRD Haltim, Hasanuddin Lajim. (Foto: Ilham)  


MABA, CH- Sunggu miris, nasib para guru honorer di sekolah Alhairat MTS Hasan Hairin Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara. Pasalnya, sudah tiga tahun berturut-turut tidak menerima gaji.

Persoalan ini terkuak setelah pihak DPRD Haltim melalui Komisi I melakukan monitoring ke sejumlah sekolah yang ada. “Bahkan alat peraga sekolah diadahkan oleh guru sendiri, lebih parah lagi ada guru honor yang belum terima gaji dari 2017 sampai di 2020 ini,” beber Sekretaris Komisi I, Hasanuddin Lajim, Selasa (11/2/2020).

Hasanuddin meminta kepada instansi terkait, terutama pihak Kementrian Agama (Kemenag) Haltim yang menaungi sekolah tersebut agar memperhatikan nasib para guru serta fasilitas sekolah demi nasib anak didik di semolah tersebut.

Tak hanya di sekolah tersebut, Hasanuddin juga membeberkan ada sejumlah sekolah baik SD, SMP di Kecamatan Maba Tengah, Maba Utara dan Wasile Utara tidak berjalan maksimal. “Kepala sekolah ada yang meniggalkan tugas satu semester bahkan sampai dua semester, ini yang menyebabkan kondisi sekolah tidak berjalan maksimal,” kesalnya.

BACA JUGA  Cegah Corona, DPRD Haltim Desak Seluruh Perusahaan Hentikan Aktivitas Sementara

Ketua Badan Kehormatan DPRD Haltim ini meminta agar di 2020 ini Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Haltim, agar melakukan evaluas kepada para kepala sekolah SD dan SMP yang tidak efektif dalam menjalankan tugas. “kepala sekolah juga tidak efektif mengelolah dana BOS (Bantuan operasional sekolah) yang menjadi keluhan bagi guru-guru di sekolah, jadi dinas harus melakukan evaluasi,” pintanya. (Red)

Reporter: Ilham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here