FIXPOLL Umumkan Hasil Survei, Paslon TIVA Unggul Dari SUBA Dan MONAS

3044

Direktur Eksekutif FIXPOLL, Muhammad Anas RA, Saat Umumkan Hasil Survei Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Haltim Di Lantai III Muara Hotel Ternate. (Foto: Musa CH)


TERNATE, CH – Sebagai lembaga survei, FIXPOLL Media Poling Indonesia secara resmi menyampaikan hasil survei terhadap pasangan calon bupati dan wakil bupati yang siap bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim).

Berdasarkan hasil survei yang diumumkan oleh FIXPOLL, Selasa (10/11/2020) sekitar pukul 16.30 WIT di Lantai III Muara Hotel Ternate Maluku Utara, elektabilitas kandidat pasangan paslon nomor urut 1, Hi. Thaib Djalaluddin-Noverius A. Bulango (TIVA) unggul 37,7%.

Sementara di posisi runnep up paslon nomor urut 2, Ubaid Yakub-Anjas Taher (SUBA) 27,3%. Sedangkan paslon nomor urut 3, Moh. Abdu Nasar- Aziz Ajarat (Monas) 16,1% dan dibayangi 18,9% undecided voters 5.57,7%.

“Masyarakat telah memantapkan pilihannya dan masih ada 42,2 persen warga belum mantap dan tidak tahu yang memungkinkan pilihannya masih berubah,” sebut, Direktur Eksekutif FIXPOLL, Muhammad Anas RA dalam konfrensi persnya.

BACA JUGA  Diduga Serangan Fajar, Ketua Tim FM-Mantap Tertangkap Tangan

Disebutkan, Strong Voters paling tinggi adalah paslon nomor urut 1, Hi. Thaib Djalaluddin-Noverus A. Bulango yaitu 23,6% dari 37,7% base elektabilitasnya, disusul paslon nomor urut 2, Ubaid Yakub-Anjas Taher yaitu 16,8% dari 27,3%, kemudian paslon nomor urut 3, Moh. Abdu Nasar- Aziz Ajarat yaitu 16,1% dari 16,1%.

“Tingkat Popularitas semua kandidat signifikan diangka 90% dan Thaib Jalaluddin adalah kandidat paling popular (95,7%) dan paling disukai (93,9%),” bebernya.

Lanjut Muhammad Anas RA, selaku Direktur Eksekutif FIXPOLL, yang merupakan satu dari 40 lembaga survei yang terdaftar di KPU RI ini menjelaskan, hasil survei ini melibatkan 440 responden yang tersebar di 10 kecamatan yang terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah penduduk.

“Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 440 responden dengan proporsi (50:50) laki-laki dan perempuan. Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 4,66% pada tingkat kepercayaan 95%,” jelasnya.

Survei yang dilakukan pada tanggal 2 November sampai pada 6 November 2020 dengan populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berdomisili di Kabupaten Halmahera Timur dan telah mempunyai hak pilih, yakni berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah menikah.

BACA JUGA  Suara TIVA Menggaung Di Wasile Selatan, Warga Saolat Bukitio Sambut Dengan Musik Kaste

Ditambahkan, setiap responden terpilih dilakukan wawancara dengan metode tatap muka (face to face) oleh pewawancara yang telah dilatih. Dilatih Quality Control sebanyak 20% dari total sampel secara random, dengan cara mendatangi kembali responden terpilih atau mengkonfirmasi ulang responden terpilih (spot check).

“Dalam Quality Control tidak ditemukan kesalahan. AWARNENESS PEMILUKADA 1.92,% warga Halmahera Timur sudah tahu akan adanya pemilihan kepala daerah, 2.77,3% warga Halmahera Timur sudah mempunyai calon bupati atau wakil bupati yang akan dipilih,” paparnya. (Red)

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here