FPHT Minta Bupati Copot Sekda

1280

Demo FPHT di Depan Kantor DPRD Haltim, Senin, 13/1/2020 (Foto: Ilham)


MABA, CH– Front Pemuda Halmahera Timur (Haltim) meminta Bupati Muhdin agar mencopot Moh. Abdu Nasar dari jabatanya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda). Permintaan ini disampaikan lewat aksi unjuk rasa yang berlangsung, Senin (13/1/2020).

Menurut masa aksi, sekda harus dicopot dari jabatanya karena berdampak buruk terhadap kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, saat ini sekda lebih fokus pada kepentingan politik, yakni siap bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Haltim 2020-2025, sehingga tugas dan tanggung jawab sebagai sekda ikut diabaikan yang berimbas buruk pada pelayanan publik. “Sekertaris Daerah segerah dievaluasi atau di ganti karena sangat mengganggu kestabilan pemerintah daerah,” kata Ismit Hatari, selaku koordinator aksi, saat berorasi di depan Kantor DPRD Haltim.

Selain itu masa aksi juga mendesak DPRD Haltim untuk mengatasi persoalan pemadaman listrik dan jaringan telkomsel yang semakin buruk, segera selesaiakan sejumlah rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang dibahas pada 2019, segera berkoordinasi dengan PT. Antam soal transparansi waktu peresmian smelter (Pabrik) di Tanjung Buli, dan menuntut kepada DPRD agar mendesak DPMD untuk peningkatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

BACA JUGA  Kasat Lantas Dan Binmas Polres Haltim Berganti

Ketua Badan Kehormatan, Hasanudin Lajin, didampingi sejumlah anggota DPRD berjanji, akan menyurat ke bupati terkait dengan tuntutan masa aksi soal sekda. “Karna dalam Kegiata pembahasan Banggar dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan evaluasi APBD sekda tidak hadir, ini dapat menghambat jalanya roda pemerintahan,” tegas Hasanudin.

Sementara tuntutan yang lainya, akan ditindaklanjuti dalam rapat DPRD, mengingat dari 20 anggota DPRD yang ada, hanya 6 orang yang hadir atau masuk kantor, sementara 14 diantaranya tidak berkantor.

“Kami juga berharap kepada ASN jangan hanya menuntut naiknya gaji dan uang makan serta sarana lainya tapi juga melihat tugas dan kerja dengan baik,” harap Hasanudin. (Red)

Reporter: Ilham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here