Hujan Deras, Sejumlah Desa Di Haltim Dilanda Banjir

397

Kondisi SD Inpres Dorolamo 1 Saat Dilanda Banjir (Foto: Warga Net)


BULI, CH- Sejumlah desa di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) dilanda banjir, akibat hujan deras yang terjadi pada, Rabu (16/9/2020) sekitar pukul 03.00 WIT dini hari.

Berdasarkan data yang dihimpun cerminhalmahera.com, desa-desa yang dilanda banjir itu diantaranya Desa Baburino dan Pekaulang di Kecamatan Maba. Banjir akibat luapan sungai ini menyebabkan 64 rumah warga di Desa Baburino dan 20 rumah di Desa Pekaulang tergenang banjir hingga mencapai 1,5 meter.

“Sebagian warga tidak sempat menyelamatkan barang-barang sebab kedatangan banjir yang cukup besar secara tiba-tiba, maka warga langsung bergegas menyelamatkan diri didataran yang tinggi,” kata Ketua BPD Desa Baburino Simon Batawi.

Kapolres Haltim Saat Menyalurkan Bantuan Ke Warga Korban Banjir (Foto: Nehemia CH)

Kapolres Haltim, AKBP. Edy Sugiharto,SE.MH,  bersama anggota bergerak cepat mengevakuasi korban banjir di dua desa tersebut ke tempat yang aman.

Kapolres juga menyalurkan bantuan berupa beras, supermi, gula, kopi dan air mineral yang diterima langsung oleh Kepala Desa Baburino Radius Sabuanga. Bantuan juga datang dari PT. Antam berupa makan ringan biskuet, air mineral dan nasi bungkus.

BACA JUGA  Nelayan Haltim Hilang Belum Ditemukan

Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut, hanya saja kerugian yang terjadi di dua desa tersebut ditaksir mencapai Rp. 50 juta.

Banjir juga terjadi di Desa Dorolamo Kecamatan Maba Tengah. Selain rumah warga, fasilitas negara berupa bangunan SD Negeri 1 Dorolamo juga ikut terendam banjir dengan ketinggian kurang lebih 1 meter.

Selain itu banjir juga menggenangi sejumlah rumah di Desa Soagimalaha tepatnya di arah jalan menuju Desa Tewil Kecamatan Kota Maba, akibat saluran air tidak berfungsi sehingga terjadi luapan. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here