Ismunandar Menang Telak Di PSU Pilkades Waci

385

PSU Pilkades Waci

MABA, CH – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Waci Kecamatan Maba Selatan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) berlangsung aman. Calon nomor urut dua, Ismunandar Hasan menang telak dengan memperoleh 313 suara dari 660 Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

PSU yang berlangsung di Desa Waci, Selasa (22/10/2019) itu tidak dihadiri oleh dua calon kades yakni calon nomor urut satu Iskandar Litte dan nomor urut tiga Abdul Umar. Kedua calon ini menyatakan mundur diri melalui surat pernyataan dengan catatan nama dan foto mereka tidak dicantumkan dalam surat suara oleh panitia pelaksana PSU.

Namun permintaan kedua calon kades itu tidak diindahkan oleh panitia, buktinya di surat suara tercantum nama dan foto kedua kandidat tersebut. Meskipun sudah menyatakan mundur diri, Iskandar Litte memperoleh 5 suara, dan Abdul Umar memperoleh 3 suara dari total 321 surat suara sah dan 8 rusak, total surat suara ter terpakai 329.

Kepada wartawan Wahid Saidi Ketua Panitia Pilkades Waci mengatakan. “Semua tahapan sudah berjalan, PSU pun sudah di gelar pada hari ini, soal surat pengunduran diri tetap diterima oleh panitia desa namun untuk tindak lanjutnya kami serahkan ke panitia Kabupaten maka hari ini kami jalankan sesuai tahapan dan prosedur,” ungkapnya.

BACA JUGA  Di HUT RI Ke-76, PT. Antam Tbk Dan PT. CBL Indonesia Investment Kembali Salurkan Bantuan Penanganan Covid-19 Di Malut

Lanjut Wahid,  surat pengunduran diri dari dua kandidat itu tidak bisa menggagalkan tahapan PSU dengan alasan tahapah PSU sudah berjalan sebelum surat pengunduran diri tersebut di terima oleh panitia. “Soal pernyataan dalam isi surat itupun kami serahkan ke Panitia Kabupaten yang terpentingnya kami suda bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan tahapan dan prosedurnya,” tegasnya.

Pelaksanaan  PSU ini  di kawal langsung oleh Kapolsek Maba Selatan, Ipda Toha Alhadar serta sejumlah anggotanya, dan pihak   TNI. (Red)

 Reporter: Saiful Abdurahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here