Januari 2020 Angkutan Umum di Haltim Harus Plat Kuning

471
Iptu Setiaji Nor Admojo, S.ik, Kasat Lantas Polres Haltim

BULI, CH – Satlantas Polres Halmahera Timur (Haltim) kembali mengingatkan kepada pemilik kendaraan umum agar segera melakukan pembenahan. Sebab 1 Januari 2020, tidak ada lagi toleransi bagi kendaraan plat hitam.

Kasat Lantas Polres Haltim, Iptu. Setiaji Nor Admojo S.ik pada wartawan Cerminhalmahera.com menegaskan, jika masi kedapatan ada kendaraan umum plat hitam yang beroperasi pada 1 Januari 2020, maka pihaknya bersama Dinas Perhubungan Pemkab Haltim akan melakukan penindakan tegas. “Hingga jatuh tempo tidak ada toleransi lagi bagi kendaraan yang bawel,” tegasnya.
Menurur Setiadji, aturan ini sudah berlaku sejak 2016, yang telah disepakti oleh Dir Lantas Polda yang lama dengan Dishub Provinsi Maluku Maluku Utara, dan diberikan waktu selama dua tahun hingga 2018. Namun hingga awal 2019, banyak pemilik mobil yang belum siap. “Dengan keluhan tersebut pihak Satlantas berkoordinasi dengan Dir Lantas yang baru dan Dishub Haltim, maka diadakan kembali pertemuan dan hasilnya diberikan waktu hingga Januari 2020,” jelasnya.

Dari pertemuan antara pihak Lantas Polres, Dishub dan para sopir dalam wilayah Haltim ini tidak hanya menghasilkan perubahan plat hitam ke plat kuning. Kendaraan yang plat DG yang masih hitam diberikan waktu selama 3 tiga bulan, sedangkan mobil yang masih memakai plat luar wilayah Maluku Utara dan sudah lunas cicilan kredit diberikan waktu selama 6 bulan sejak 1 Januari 2019, dan mobil plat luar yang masih ada angsuran di diler diberikan waktu 1 tahun sampai akhir 2019. “Lewat dari tahun yang sudah ditentukan tidak ada lagi diijinkan untuk beroperasi, kalau ada kedepatan maka akan diberikan sangsi sesuai aturan,”tukasnya.

BACA JUGA  Hujan Deras, Sejumlah Desa Di Haltim Dilanda Banjir

Meskipun pengalihan plat hitam ke kuning baru akan ditertibkan pada 1 Januari 2020, di Agustus ini pihak Satlantas bersama Dishub Haltim mulai melakukan penertiban bagi kendaraan plat DG yangasih hitam dan kendaraan yang sudah lunas angsuran namun belum beralih ke plat kuning sesuai dengan hasil kesepakatan.

“Awal 2020 nanti, Dir Lantas Polda Malut bersama Dishub Provinsi akan melakukan penertiban di jajaran Halmahera Timur, namun sebelum mereka turun, Satlantas bersama Dishub Hatim terlebih dahulu melakukan penertiban di bulan Agustus ini,” ucapnya. (Ady)

Reporter : Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here