Karnaval Budaya Meriahkan HUT RI ke 77 di Buli

113
Peserta Karnaval Saat di Lepas Oleh Camat Maba, Johannis Tahalele

HALTIM, CH- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 77 Tahun 2022.  Pemerintah Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku ikut memeriaahkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah Karnaval Budaya.

Peserta Karnaval Budaya ini dilepas langsung oleh Camat Maba, Johannis Tahalele, Senin (15/8) di depan  Rumah Dinas Camat Maba. Peserta karnaval mulai dari siswa-siswi TK sampai SMA dan para paguyuban yang ada dalam wilayah Kecamatan Maba.

Johannis Tahalele menyebutkan, di kecamatan Maba terdapat 12 suku dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk itu diharapkan agar selalu saling menghargai satu dengan yang lain melalui momen HUT RI kali ini.

Peserta Karnaval

“Festival budaya ini yakni untuk mempererat tali silaturahmi kita semua yang ada di wilayah kecamatan Maba,” kata Johannis.

Amatan CH2M News Group, peserta festival  ada yang menggunakan menggunakan seragam polisi, TNI, pilot, bidan, dokter, AL, polairud, satpam, imam, pendeta, dan lainya. Tampak terlihat juga

penampilan budaya dari masing-masing suku, yakni  Suku Bugis, Button, Ambon, Tobelo, Jawa dan suku lainya. Tarian lalayon dan cakalele juga ikut menghiasi suasana Festival Budaya tersebut.

BACA JUGA  Anggap Tim Covid-19 Haltim Tak Jelas, Pemuda Blokade Jalan

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolsek Maba, Ipda Jarwadi Rumakuwaur, Ketua Panitia, Yehuda Guselaw, dan para kepala desa. Rute peserta karnaval yakni dari depan rumah camat menuju Desa Teluk Buli, perempatan Pelabuhan Buli dan finis di depan rumah camat. Kegiatan berlangsung aman dan lancar di kawal langsung dari pihak Satlantas Polres Haltim, dan anggota Polsek Maba.

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here