Keluar Sebagai Juara Umum, Kwartir Pramuka Kecamatan Maba Bawa Pulang 2 Tropi Emas

517
Peserta Kwartir Kecamatan Maba

MABA,Ch – Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kecamatan Maba yang telah mengirim 150 peserta  untuk mengikuti lomba kemah di Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 58 tingkat kabupaten yang berlangsung di lokasi perkemahan Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Propinsi Maluku Utara. Ratusan peserta pramuka ini berhasil keluar sebagai juara umum.

Peserta Kwartir Pramuka Kecamatan Maba ini berhasil mengalahkan 9 kwartir kecamatan yang ada dalam wilayah Haltim dengan membawa pulang sepuluh hadiah, yang terdiri dari 1 tropi bergilir, 2 tropi emas, 2 perak dan 5 perunggu. Juara satu di raih oleh SMP N 1 Maba dengan mata lomba  Yel-yel dan lomba vokal group. Kemudian untuk juara dua diraih dua gugus depan yaitu  MTS Buli Karya untuk PBB kreasi,  SMP N 2 Satap Maba untuk lomba tarian cakalele. Serta  juara tiga untuk lima mata lomba yang terdiri dari lomba yel-yel diraih  oleh SMP N 2 Satap Maba dan yel-yel  tingkat penegak serta tarian lalayon  oleh SMA N 1 Haltim dan lomba pertendahan serta vokal grup tingkat penegak oleh SMK Pertambangan Buli.

Peserta Kwartir Kecamatan Maba Rayakan Kemenangan

Camat Maba, Robert Barbakem, mengatakan selaku Mabiran Kecamatan Maba dirinya merasa bangga serta senang melihat peserta yang di lepas beberapa hari lalu itu membuahkan  hasil yang baik sehingga keluar sebagai juara umum. “Saya sebagai Mabiran Kecamatan Maba  pada hari ini (Minggu) merasa bangga dan berterima kasih kepada Kwarcab Kabupaten sekaligus pengurus yang ada di sini sehinggah pelaksanaan kegiatan perkemahan ini bisa terlaksana dengan baik  lancar, aman, dan tidak ada satu kendala apapun dan kami dari Kecamatan Maba seluruh pramuka Kecamatan Maba juga merasa senang karena mendapat juara umum. Terimah kasih juga buat PT. Antam, Polres Haltim dan Organda Kecamatan Maba yang sudah membantu peserta  Kwartir Kecamatan Maba,”ucap Robert di acara penutupan kemah Pramuka, Minggu (18/8/2019).

BACA JUGA  Pemkab Haltim Siapkan Rp.3,4 M Untuk Tangani Covid 19

Orang nomor satu di Pemerintah Kecamatan Maba ini berjanji  akan berupaya agar  kedepan  kekuatan anggaran yang ada di Kecamatan Maba bisa didorong ke Kwartir Maba untuk lebih maju dan berkembang agar Kwartir Maba kedepan tak bisa disaingi oleh kecamatan lain yang ada di Kabupaten Halmahera Timur. “Untuk kedepannya saya akan tingkatkan dengan segalah upaya yang ada, kekuatan anggaran yang ada di kecamatan Maba ini perlu kita dorong supaya Kwartir Ranting Maba ini bisa lebih berkembang lagi, lebih maju dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan yang lain,”janjinya.

Tidak hanya itu, camat juga merasa sangat bertanggung jawab dalam hal ini, sehingga Kwartir Maba dapat meraih juara umum dari sepuluh kecamatan yang ada di Haltim, dan kedepan pada 2020 nanti dirinya optimis akan tetap mempertahankan juara umum yang telah diraih. Menurutnnya, Camat sebagai Mabiran harus mendukung dan memberi suport ke peserta pramuka agar tetap semangat dalam mengikuti kegiatan pramuka. Untuk itu dirinya meminta kepada para camat yang lain dalam wilayah Haltim untuk mendukung penuh kegiatan kwartir pramuka di masing-masing kecamatan.

BACA JUGA  Upacara HUT RI Ke 74 Di Haltim Berlangsung Aman

“Jadi sudah tentunya sebagai camat dalam hal ini jabatan di pramuka itu sebagai mabiran pembina ranting tanpa dukungan dari camat ini sudah tentunya akan membuat para peserta pramuka itu menjadi tidak semangat, jadi harus benar-benar camat itu mendukung jangan hanya berbicara mendukung tapi tidak melaksanakan. Saya dari pembukaan sampai pada akhir penutupan dan pada saat kegiatan berjalan saya yang selalu mengunjungi, peserta saya,”akunya.

Terpisah Ketua Ranting Pramuka Kecamatan Maba  Sumarni Djini,Spd berharap  agar  kedepan  perkemahan yang dilakukan seperti saat ini oleh Kwarcab Kabupaten itu lebih ditingkatkan lagi masalah dengan kemampuan anak-anak. “Jangan kita beranggapan bahwa perkemahan ini dan kita hanya bersifat bagi-bagi hadia, yang lebih saya tekankan itu bagaimana kreatifitas anak-anak dan potensi yang mereka miliki dan benar-benar harus di nilai bukan dari bagi-bagi hadiah,”harapnya.

Lanjut Sumarni, kedepan akan diaktifkan Dewan Kerja Ranting (DKR), dan menyusun program serta melakukan perkemahan rutin di setiap semester. Ini dilakukan demi untuk mempertahankan juara yang diraih oleh anak-anak asuhnya. “Untuk kedepan kami akan aktifkan DKR di kecamatan dan mungkin kedepan juga kami akan melakukan rapat dan menyusun program untuk bisa melakukan perkemahan ranting dan itu menjadi rutin untuk satu semester,”tukasnya.  (Adv)

Reporter: Rustam Gawa

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here