Kurang SDM, Kegiatan Pemda Haltim Sulit Terekspos

395

Yusuf Thalib

HALTIM, CH- Suksesnya progres pembangunan daerah di suatu pemerintahan tidak terlepas dari peran banyak pihak, salah satunya peran media masa baik cetak maupun eletronik. Hal ini tampak berbeda dengan yang ada di Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara.

Untuk menjawab persoalan ini, Pemerintah Haltim sendiri masih sangat lemah, sehingga mengakibatkan hampir sebagian besar kegiatan pemerintahan susah untuk dipublikasi. Padahal ada sejumlah oknum wartawan yang telah dipercayakan untuk turut membantu di Bagian Dokumentasi dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah.

Kepala Bagian Dokumentasi dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Haltim, Yusuf Thalib saat dikonfirmasi, Senin (20/12/2021) mengakui adanya kesulitan dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di bagian yang ia pimpin.

Yusuf juga mengakui, Humas saat ini juga sudah terlepas dari Protokoler sehingga untuk kegiatan Bupati dan Wakil Bupati dirinya jarang terlibat langsung untuk mengcover dan memberikan keterangan tertulis ke awak media.

Kendati demikian, Yusuf berjanji bakal memanggil beberapa staf yang ditugaskan untuk dokumentasi dan peliputan kegiatan Pemkab agar bisa membuat press release agar dapat dibagikan ke wartawan yang meliput di Haltim.

BACA JUGA  Usulan CPNS, Pemkab Haltim Prioritaskan Guru Dan Kesehatan

“Nanti saya panggil staf yang ditugaskan di situ supaya selain dokumentasi juga bisa buat release,” katanya.

Yusuf sendiri mengakui selama ini setiap kegiatan pemerintahan jarang sekali dipublikasikan ke media akan tetapi, hanya lewat akun Facebook.

“Saya juga selalu ikuti selama ini hanya di Facebook tapi kalau di berita jarang,” akunya.

Di sisi lain kata dia, Humas saat ini jika terkendala dengan anggaran, sehingga kesulitan mengarahkan wartawan untuk melakukan peliputan kegiatan pejabat daerah di luar ibu kota kabupaten.

“Selain itu juga banyak tenaga yang belum mampu membuat press release di setiap kegiatan,” tutup Yusuf.

abdurrahman patola

Reporter: Abdurrahman patola
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here