Momentum HUT RI, Mahasiswa Dan Alumni HMI Halteng Gelar Temu Ide

413

Mahasiswa Dan Alumni HMI Halteng Usai Gelar Diskusi (Foto: Saleh CH)


HALTENG, CH- Melalui momentum HUT Kemerdekaan RI Ke-75, para Mahasiswa dan Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)  Komisariat Persiapan Akademik Negeri (AKN) Halmaherah Tengah menggelar diskusi.

Diskusi dengan Tema “Bincang Keummatan dan Kebangsaan,” yang dilaksnakan sejak, Senin hingga Selasa (18/8/2020) di Kafe Baca Lepo Puncak Goeng, Desa Goeng Kecamatan Weda ini untuk menyatukan ide.

Hadir sebagai Moderator dalam diskusi tersebut, Sukarman Kasim, Mahasiswa Administrasi Negara Fakultas Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Juga sebagai Formatur Ketua Umum HMI Komisariat Persiapan Ahmad Dahlan Periode 2020-2021.

Stimulasi, curah pandangan di ransang oleh tiga stimulator, yakni Riski Hasyim,  Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halteng. Dalam paparannya, Riski melihat kondisi aktual yang terjadi di beberapa desa di Halteng masih minim  pengetahuan tentang Islam.

“Maka sebagai salah satu orentasi organisasi Hijau Hitam maka sudah menjadi sebuah keharusan untuk bagimana kaders Hijau Hitam menularkan orentasi himpunan ini kepada generasi pada aspek  pengembangan pengetahuan tentang ke-Islaman,” kata Riski.

Selajutnya, Ketua Badan Pelatihan ( BPL) HMI Cabang Manado Periode 2019-2020,  Rian Zainuddin memberikan penegasan ke Kaders Hijau Hitam, terutama yang berasal dari Halteng, agar hadir dan berdiri di garda terdepan untuk menjadi lokomotif dalam menyapa dan meretas kreatifitas dalam upaya peningkatan intelektualitas atau kemampuan generasi Halteng   pada rana ilmu pengetahuan.

BACA JUGA  Banjir 28 Warga Desa Asri Dievakuasi

Dan yang terakhir mantan Ketua Umum HMI Cabang Ternate, Periode 2016-2017,  Ismail Maulud, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, yang telah selasai ujian skripsi dan menunggu wisuda di 2020 ini  mengurai pada tataran komunikasih.

Menurutnya,  prospek Himpunan Hijau Hitam adalah menata kehidupan ummat dan kebangsaan. Saat ini kata Ismail,
alumni HMI bertebaran di Parlemen, Eksekutif, SKPD dan lainya. Untuk itu harus ada komunikasi  yang dibangun untuk bagimana menata keseimbangan sosial pada kesejateraan Masyarakat Halteng khususnya.

“Dijadikan hal utama atau prioritas, apalagi Halteng saat ini sebagai pusat Industrial Maluku Utara dan mungkin juga di Kanca Nasional, serta mengurangi kesenjangan sosial yang terus berlanjut,” urainya.

Dalam kesempatan itu, Erna Windi Kili Kili, alumni Universitas Inau Makasar ini
ikut menyambut baik dengan ramuan dari Ismail Maulud dengan semayan metodologis dalam pemanfaatan teknologi untuk mencapai gagasan yang nyata dengan pembentukan Group Watshap kepada Mahasiswa dan alumni Himpunan Hijau Hitam se Kabupaten Halteng sebagai bentuk wujud komunikasi.

Tak hanya sampai disini, konsepsi yang disodorkan oleh Ketua BPL HmI Cabang Manado, di sambut manis oleh  Iswan Hi. Muslim ST, selaku Pengurus HmI STIM LPI Cabang Makasar Tahun 2011-2012.

Menurutnya, untuk mencapai generasi Halteng yang mampu bersaing di era industrial ini, maka tentunya sudah harus membangkitkan animo peningkatan dan budayakan membaca,  dengar menawarkan perpustakaan yang berisikan judul buku dari semua jurusan.

BACA JUGA  Pilkades 32 Desa Di Halteng Ditunda Hingga 2021

“Hal ini membutuhkan proses, oleh karena itu hal utama yang harus di lakukan adalah keperluan perpustakaan yang bersifat mendesak dan penting untuk mencapai generasi yang bernilai Sumberdaya Manusia (SDM) yang mumpuni,” pintanya.

Kali ini soal konsep yang disampaikan Sekertaris DPMD Halteng. Menurut Munwwarsyah Musa, Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate ini mengatakan, untuk menjawab pemahaman generasi Halteng di bidang keislaman, maka hal utama harus melakukan sinyalir kepada alumni yang siap ditempatkan pada pekerjaan di desa dengan pelatihan administrasi dan juga intrumennya.

“Tentunya persoalan dalam pemahaman tentang keislaman bagi kaders Hijau Hitam adalah bukan hal yang baru, yg ini kemudian sebagai ikatan kesepakatan,” tutup Mahasiswa, yang telah menyelesaikan tahapan Kuliah Bersama Masyarakat (Kubermas) di 2019 dan sudah menyelesaikan jenjang pengkaderan Latihan Kaders (LK II) HMI Cabang Ternate ini.

Turut hadir dalam kegiatan diskusi ini, Riswan Naim SH, Ketua DPD II Halteng Partai Bulan Bintang, Haikal Amjar  Ketua Bidang Pemberdayaan Ummat Tahun 2013-2014 dan Ketua Bidang Litbang Tahun 2016-2017 HMI Cabang Ternate, Fahruddin Abdullah Komisioner KPU Halteng dan Wahdia Daim S.Pd, Ketua Kohati Tarbiyah 2016-2017. (Red)

Saleh abuya

Reporter: Saleh Abuya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here