Pemda Halbar Bakal Usul Kapita Banau Sebagai Pahlawan Nasional

284

Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhamad (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), dibawah kepemimpinan Bupati, James Uang dan Wakil Bupati, Djufri Muhamad bakal menghidupkan kembali sejarah masa lalu di daerah tersebut.

Salah satu niat mereka adalah memperjuangkan Kapita Banau sebagai Pahlawan Nasional. Kapita Banau merupakan sosok seorang pemimpin dari masyarakat Jailolo (Halbar) yang gagah berani melakukan perlawanan terhadap penjajah Bangsa Belanda di wilayah Jailolo di masa lalu.

Wakil Bupati, Djufri Muhammad mengatakan, mulai di 2021 ini pihaknya akan menyiapkan syarat-syarat Banau Menjadi Pahlawan Nasional ke Kementrian Sosial RI.

“Kami berkomitmen dan memperjuangkan Kapita Banau menjadi Pahlawan Nasional, jadi bagaimana cara kriterianya langkah awal kita mengundang berbagai pihak untuk membahas,” kata Jufri kepada sejumlah wartawan usai mengikuti Rapat Paripurna di Kantor DPRD Halbar, Selasa (2/3/2021).

Lanjut Djufri, pengusulan Kapita Banau sebagai Pahlawan Nasional adalah pekerjaan rumah (PR) bagi dia dan Bupati, James. Sebab, bupati sebelumnya yakni, mantan Bupati, Jalal Farah, Namto dan Danny Missy perna mengusulkan hal yang sama, namun tidak berhasil.

BACA JUGA  Bupati Ikut Melayat Ke Rumah Duka Wartawan Biro Halbar

“Kendalanya dimana itu nanti kita cari tau sehingga momen peringatan hari ulang tahun (Kab. Halbar ke VIII) ini bagi saya dan Pak James menjadi landasan pijak untuk mensosilosasikan dan memperjuangkan Kapita Banau sebagai pahlawan Nasional benda ini, mari torang rame-rame untuk memohon doa dari berbagai pihak,” ucapnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here