Pemekaran Wasile Barat Terkendala Ibu Kota Kecamatan

734

Ketua DPRD Haltim, Djon Ngoraitji

MABA,CH- Harapan Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) agar Wasile Barat segera dimekarkan menjadi kecamatan tersendiri jauh dari yang diharapkan.  Pasalnya, masih terjadi tarik menarik soal penempatan ibu kota kecamatan.

Pemkab Haltim melalui Tim Kajian Pemekaran telah menyampaikan hasil kajian Pemekaran Kecamatan Wasile Barat ke DPRD baru-baru ini melalui rapat konsultasi yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor DPRD Haltim. Pemkab Haltim mengusulkan Ibu Kota Kecamatan berada di Desa Fayaul, namun hal itu ditanggapi berbeda oleh para wakil rakyat di DPRD Haltim.

Ketua DPRD Haltim Djhon Nguraitji saat dikonfirmasi Selasa,(20/8/2019) di ruang kerjanya mengatakan,  dari hasil kajian oleh tim berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 (PP 17) Tahun 2018  tentang Pemekaran Kecamatan Wasile Barat layak untuk dimekarkan.  Namun untuk penempatan  Ibu Kota Kecamatan  masih mengalami tarik menarik antara Pemerintah Daerah, Tim Kajian dan DPRD.  “Jadi dalam waktu dekat ini akan dilakukan observasi kembali soal penempatan Ibu Kota Kecamatan, jika itu sudah selesai maka secepatnya akan disahkan,” katanya.

BACA JUGA  Polres Haltim Siap Amankan Natal Dan Tahun Baru

Lanjut dia, tarik menarik Ibu Kota Kecamatan ini lantaran ada dari pihak DPRD yang menginginkan agar Ibu Kota Kecamatan harus berada di Desa Saramake dengan berbagai pertimbangan.

berdasarkan hasil kajian yang disampaikan Tim Kajian Pemekaran Pemkab Haltimterkait Ibukota Kecamatan yaitu Desa Fayaul, tapi kemudian ada juga yang mengusulkan Desa Saramake. “Maka tim kajian agar langsung turun dan mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat terkait penempatan Ibukota Kecamatan,” tandasnya. (Ady)

Reporter : Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here