Pemkab Halbar Akan Segera Aktifkan 7 Pasar

110
Kepala Disperindagkop dan UMKM Halbar, Demisius Boky

HALBAR-CH, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Menengah (Disperindagkop dan UMKM), di akhir tahun ini akan mengaktifkan sejumlah pasar yang hingga saat ini belum ditempati oleh para pedagang.

Kepala Dinas Disperindagkop dan UMKM Halbar, Demisius Boky menyebutkan ada 7 pasar, diantaranya Pasar Kedi, Dodinga, Gofasa, Tongute Sungi, Tongute Ternate, Gamsungi dan Pasar Sangaji Nyeku. Di masa kepempinan Bupati, Danny Missy  kata Demisius, suda diundi pedagangnnya untuk masuk berjualan. Hanya saja para pedagang sengaja belum masuk sebab kondisi pasar belum diperbaiki, baik lingkungan maupuan bagunanya.

Pasar di Desa Dodinga Kecamatan Jailolo, misalnya lingkungan masih banyak ditumbuhi rerumputan, kondisi jalan juga belum maksimal. Selain itu, Pasar Akelamo saluran air pembuangan tidak berfungsi sehingga terjadi penumpukan sampah saat turun hujan.

“Jika di Pasar Gofasa pedagang sebagian suda masuk tinggal dimaksimalkan,” kata Demisius kepada cermin halmahera di Kantor Disperindagkop dan UMKM, Rabu (29/9)

Untuk itu dalam waktu dekat, Demianus mengaku akan mengundang  Dinas Perhubungan dan instansi lainya untuk membicarakan apa yang menjadi kekurangan bangunan pasar untuk diperbaiki.

BACA JUGA  Wakil Bupati Halbar Perintahkan Sejumlah SKPD Untuk Tangani Banjir

“Maupun pedagang yang kurang, setelah itu kita turun atasi,” ujarnya.

Riko Noho

Penulis : Riko Noho
Editor : Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here