Perda Pariwista Halbar Resmi Disahkan

142

 Feny Kiat, Kadis Pariwisata Halbar

HALBAR,CH- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Jumat (30/7/2021) resmi mengesahkan peraturan daerah (Perda) tentang pariwisata melalui rapat sidang paripurna.

Sidang paripurna dipimpin langsung ketua DPRD, Charles R Gustan didampingi oleh dua wakil ketua beserta anggota. Dihadiri langsung bupati wakil bupati dan para pimpinan OPD.

Kepala Dinas Pariwisata Halbar, Feny Kiat usai menghadiri rapat paripurna menuturkan, setelah Perda disahkan, pihaknya akan kembali menyusun peraturan bupati (perbup) sebagai aturan turunan untuk retribusi.

“Misalnya Bobahena dan Desa Gamtala
tanahnya telah masuk aset daerah yang suda dibebaskan akan tetapi selama inikan belum ada regulasi jadi belum dibagi hasil nanti setelah Perda Parawisata tadi disahkan setelah itu nanti dibuat Perbub yang mengatur tentang retribusi destinasi baru ada persentasi bagi hasil untuk pengelola dan pemerintah sebagai PAD yang distor langsung,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, untuk wisata di Desa Tuada dan Desa Lapasi dikembalikan ke masayarakat untuk dikembangkan atau tidak. Karena menurut dia, pihaknya sudah sampaikan konsep wisata namun warga tidak memiliki modal.

BACA JUGA  Lapas Kelas IIB Jailolo Resmi Sarana Asimilasi dan Gelar Edukasi Ke Warga Binaan

Feny juga mengaku, pihaknya telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Popdarwis) yang nantinya akan bekerjasama dengan BUMDes, yang diharapkan ada peran dari kepala desa.

“Selama ini kita punya DAU (Dana Alokasi Umum) yang terbatas. Kebanyakan hanya kita mengadalkan DAK makanya konstrasi kita dua desa, Bobanehena dan Gamtala,” akunya.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here