Pilkades Geltoli Berlangsung Desember 2019

510

Ketua BPD, Aholiap Salakparang (kiri), Plt. Kades Geltoli, Erwin Guslaw (kanan)

BULI,CH- Mengisi kekosongan Kepala Desa Geltoli di Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mulai menggelar rapat untuk pembentukan panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). 

Kekosongan Kepalan Desa Geltoli ini disebabkan karena Timotius Tayawi Kepala Desa Geltoli periode 2019-2024 telah meninggal dunia pada Agustus 2019. Maka pihak BPD menggelar rapat terbatas pada Senin, (14/10/2019) di Kantor Desa Geltoli untuk persiapan pilkades. 

Hasil rapat tersebut, BPD akan mempercepat proses pilkades, sebab dalam aturan paling lambat 15 hari setelah kepala desa mengundurkan diri atau meninggal dunia, sudah ada tahapan proses pengajuan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Pemkab Haltim. “Sebenarnya sudah terlambat tahapanya, ini disebabkan karena keterlambatan penunjukan Plt. Kepala Desa,” kata Aholiap Salakparang, Ketua BPD Desa Geltoli. 

Aholiap mengatakan dari hasil rapat telah disepakati akan dilakukan pembentukan panitia yang akan dilaksanakan besok (Selasa, red). Setelah panitia di bentuk, dilanjutkan dengan pengumuman penerimaan bakal calon kepala desa. Pemilihan kepala desa ini hanya melibatkan 5 anggota BPD serta keterwakilan 11 tokoh masyarakat yang ada di Desa Geltoli dengan masing-masing keterwakilan sebanyak 5 orang atau paling sedikit 3 orang. 

BACA JUGA  Camat Maba Bentuk Tim Satgas Covid 19 Dibawah Terik Matahari

Sementara itu, Plt. Kepala Desa Geltoli Erwin Guslaw, mengharapkan kepada BPD, agar panitia pilkades nanti benar-benar mampuh untuk berkerja,”saya harap agar panitia pilkades yang sudah ditentukan itu, bisa berkerja dan paham Undang-undang, serta mampuh beradaptasi dengan masyarakat,” harapnya. 

Menurut Erwin panitia yang dibentuk oleh BPD adalah panitia lama (Pilkades 2019-2024). Langka ini diambil dengan alasan waktu yang semakin mendesak, serta panitia lama ini sudah berpengalaman. “Namun hanya saja satu orang yang keluar sebagai panitia yaitu Nahor Tameti, karena Nahor direncanakan ikut dalam calon kepala desa Geltoli, Maka dengan itu, BPD akan mencari pengganti sebagai panitia, dan tahapan pilkades pada bulan Desember 2019,” tukasnya. (Red) 

Reporter : Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here