Proyek Peningkatan Jalan Malbufa-Wai Ina Tahun Ini Kembali Dilanjutkan

83

Proyek Peningkatan Jalan Malbufa-Wai Ina


SOFIFI, CH- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Propinsi Maluku Utara (Malut), memastikan tahun ini proyek pekerjaan hotmiks jalan Malbufa- Wai Ina di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dilanjutkan.

Kepala Bidang (Kabid) Jasa Kontruksi  PUPR Malut, Nasrudin Salama menyampaikan, ruas jalan Malbufa Wai Ina ini merupakan ruas  jalan provinsi dengan volume panjag sekitar 35 km. Sebelumnya, PUPR Malut telah mengerjakan 2 km. Dan ditahun ini,
dianggarkan melalui pinjaman PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI)  5 km yang sementara dikerjakan dengan total nilai Rp 23.128.951.000.

“Progressnya sudah mencapai 30 persen dari 5 km jalan yang dihotmix tahun ini, karena ini proyeknya katagori multiyears, sehingga berakhir juga Desember. Sedangkan uang muka baru 15 persen, cuma pekerjaan sudah lebih dari 15 persen,”ujarnya, Kamis (2/7/2021).

Dijelaskan, pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari dana pinjaman ini, dalam proses pencairan dana, PT. SMI sangat selektif  sehingga untuk pencairan selanjutnya belum dilakukan, Inspektorat melakukan audit interen terlebih dahulu. ”Jadi begitu mau minta pembayaran harus di audit,” bebernya.

BACA JUGA  PUPR Malut Terget Pekerjaan Masjid Raya Tuntas Pada Akhir September

Lanjut dia, jika ada program presiden model padat karya harus melibatkan masyarakat di sekitar, material harus diambil dari masyarakat yang meliki lahan.

“Semua itu untuk menghidupkan masyarakat dari dampak covid-19. Selain itu harus ada juga syarat pemasangan spanduk bahwa daerah itu dilarang berburu, bukan hutan bakau, dan lain–lain,”pungkasnya.(ADV/Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here