Puluhan ASN Di Halbar Ajukan Pindah Tugas

300

Kepala BKD Halbar, Zubair T. Latif, (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Propinsi Maluku Utara (Malut) ramai- ramai mengajukan mutasi pindah tugas.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Halbar, sepanjang 2020, sudah 15 orang yang telah dilakukan proses pelepasan. dari jumlah tersebut, 13 orang diantaranya mengajukan mutasi ke Pemprov Malut dan dua ASN esalon III mengajukan permohonan mutasi ke Pemkot Ternate.

“Dari 15 orang ini secara resmi sudah dilakukan pelepasan.Tapi masih banyak jumlahnya bahkan puluhan lagi
yang mengajukan terkait permohonan pindah keluar daerah, ucap Kepala BKD, Zubair T. Latif, Senin (1/2/2021).

Menurut Zubair, sebagian besar ASN yang mengajukan permohonan mutasi itu dengan alasan beragam, diantaranya pengembangan potensi diri, lanjut usia, bahkan alasan ikut suami ataupun istri.

Dijelaskan, berdasarkan aturan, mutasi atau pindah tugas minimal telah mengabdi selama 5 tahun. Selain itu permohonan pengajuan pindah tugas juga tentunya harus berdasarkan persetujuan daerah asal berupa surat rekomendasi untuk disampaikan ke bupati, dan diteruskan ke BKD untuk di proses.

BACA JUGA  Pengaruh Teknologi, Permainan Dan Olahraga Tradisional Di Halbar Hilang

“Kalau sudah ada pelepasan nantinya juga ada usulan pemutusan gaji oleh daerah, dan itu ASN yang ajukan pindah, wajib mengurus soal itu, guna pengajuan pengalihan gaji ke intansi yang dituju,” paparnya.

Disinggung soal rencana mutasi ataupun pergantian jabatan oleh Bupati Danny Missy diakhir masa jabatanya. Kata Zubair, sesuai aturan batas akhir minimal tanggal 15 Februari. Itupun pengisian jabatan bagi pimpinan SKPD yang berstatus pelaksana tugas (Plt) ataupun mutasi Staf.

“Yang pasti soal mutasi ataupun pengisian jabatan diakhir masa jabatan, sampai saat ini kami dari BKD belum mendapat arahan ataupun penyampaian melalui bupati,”pungkasnya. (Red)

Riko Noho
Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here