Bendahara Tidak Transparan, Kegiatan Disnaketran Jalan Ditempat

338

Ilustrasi Keuangan 


HALBAR, CH- Proses pencairan anggaran oleh Bendahara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) patut dipertanyakan. Pasalnya, tak ada kegiatan yang dilaksanakan paska pencairan anggaran.

Masalah ini dibeberkan oleh salah satu kepala seksi di instansi tersebut. Kepada wartawan, kepala seksi yang namanya tidak mau disebutkan itu mengaku, sudah tiga tahun anggaran berjalan, program kegiatan yang sudah diprogramkan khususnya di tiga bidang di dinas tersebut tidak bisa berjalan.

Dikarenan, setiap proses pencairan anggaran, Bendahara, Alex Besi, tidak perna terbuka alias menutup-nutupi dana yang diusulkan oleh tiga kepala bidang tersebut saat dana sudah dicairkan.

“Pengelolaan anggaran oleh bendahara dalam internal kami di sini (Disnaketrans) selama ini tidak pernah terbuka mengenai anggaran sehingga program yang suda kami rancang tidak jalan,” kata kepala seksi tersebut, Rabu (10/3/2021).

Lanjut sumber tersebut, kinerja bendahara yang tidak transparansi soal anggaran itu sudah berjalan semala tiga tahun, terhitung sejak 2019 hingga di 2021. Jumlah dana yang diusulkan oleh tiga kepala bidang itu bervariasi, yakni dari Rp. 150 juta hingga Rp. 200 juta.

BACA JUGA  Disnaketrans Halbar Dukung Indomaret Beroperasi

“Saya sendiri juga tidak tau mengapa bendahara tidak terbuka, setiap kami tanyakan ke dia (bendahara), dia mengatakan tidak ada terus, padahal sesuai hasil komunikasi kami dengan pihak keuangan (BPKD) mereka katakan anggaran program kami suda dicairkan,” akunya.

Hingga berita ini diterbitkan, Alex Besi belum berhasil ditemui untuk dikonfirmasi terkait apa yang dibeberkan oleh salah satu kepala seksi tersebut. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here