RKPDES 2020, Bicoli Fokus Festival, Momole Fokus Pemanfaatan Pasar

574

Musdes RKPDES 2020 di Desa Momole

MABA,CH – Setelah Musyawarah Desa (Musdes) tentang Rancangan Kegiatan Pemerinta Desa (RKPDES) 2020 di Desa Sil, kegiatan yang sama kembali dilakukan oleh Pemerintah Desa Bicoli dan Momole Kecamatan Maba Selatan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim). 

Musdes di Desa Bicoli berlangsung pada Minggu (3/11) malam, sedangkan Musdes di Desa Momole berlangsung pada pagi hari, Senin (4/11). Dua desa ini memiliki prioritas program yang berbeda demi untuk kesejahteraan masyarakat.

Plt. Kepala Desa (Kades) Bicoli Muhammad A. Fauto mengatakan, dari hasil musdes warga bersama pihak pemerintah desa memprioritaskan festival desa dan keagaamaan untuk RKPDES tahun 2020. “Hasil Musdes RKPDES malam ini untuk 2020 yang di prioritaskan itu termasuk dengan festival fammo tentu diadakan pada bulan maulid nabi 12 Rabiul Awal 2020 dan itu akan di jadikan terus menerus,”Kata Memet sapaan dari Muhammad Fauto itu. 

Tak hanya itu dirinya juga akan melakukan serta memprioritaskan anggaran makanan tambahan untuk balita di tahun 2020 mendatang. Sementara untuk pembangunan infrastruktur akan difokuskan pada dua  gorong-gorong.

BACA JUGA  Polres Haltim Kembali Gelar Vaksinasi Massal

Disi lain, pemerintah desa bersama mahasiswa Bicoli telah mengusulkan proposal untuk bantuan dana bagi mahasiswa berprestasi yang diberangkatkan ke Jepang untuk melanjutkan pendidikan, namun tidak direspon oleh Pemerintah Daerah maupun pihak perusahaan yang beroperasi di Haltim.

“Kami tidak tinggal diam untuk mencari terobosan membuat proposal ke pemerintah kabupaten dan PT.Antam tetapi sampai saat ini belum ada respon positif terhadap ade-ade mahasiswa tersebut yang telah  diberangkat kan ke Jepang. Kami akan berusaha untuk membantu sesuai dengan kemampuan kami untuk siswa dan mahasiswa yang berprestasi,”pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Momole Nasrudin Mahmud mengatakan,pihaknya berharap agar apa yang telah di usulkan di tahun 2020 nanti bisa terealisasi dengan baik.”Harapan saya muda mudahan apa yang menjadi program di 2020 ini dapat terealisasi dan tersalurkan dengan baik dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Momole”harapnya.

Dirinya juga meminta kepada pihak pendamping profesional yakni,P3MD, PDP, PDTI, dan PLD untuk selalu membimbing serta membina  setiap kegiatan yang ada demi memperlancar program pembangunan yang ada di desa.”Kami dari desa mengharapkan yang belum dapat tersentuh mudah mudahan di 2020 ini dapat direalisasikan dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA  Lahan Belum Dibayar, Warga Palang Jalan Menuju Pabrik PT. Antam

Tak hanya itu kepala desa ini juga menyampaikan bahwa Kantor Desa yang saat ini digunakan  agar di 2020 nanti dapat direnovasi.”Sebab dalam pertemuan harusnya melibatkan seluruh masyarakat tetapi dengan kondisi kantor desa yang ada, maka yang di undang hanya sebagian saja,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu Nasrudin juga menyuarakan untuk RKPDES di 2020 nanti menjadi langkah prioritas pemerintah desa dalam rangka untuk menggenjot pola perekonomian masyarakat di tingkat desa dengan memanfaatkan bangunan pasar yang suda ada. “Selaku pengguna kuasa pengguna anggaran, saya   mengusulkan pemanfaatan pasar yang berada di lingkungan desa momole,”tutupnya. (Red)

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here