SEPRA Desak Pemda Haltim Buat Perda Literasi

493
Ketua SEPRA Haltim, Rusmin Hasan

MABA, CH– Pemuda Halmahera Timur (Haltim) Propinsi Maluku Utara yang tergabung dalam LSM Sentral Perjuangan Rakyat (SEPRA) mendesak kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Haltim segera membuat peraturan daerah (Perda) Literasi (membaca).

Desakan ini disampaikan langsung oleh Ketua SEPRA Haltim, Rusmin Hasan. Menurut Rusmin, Haltim menjadi salah satu daerah yang masuk kategori sebagai kabupaten pengembangan Literasi.

Hal ini bisa dilihat dari Kantor Bahasa Maluku Utara pada pekan kemarin begitu intens melakukan pengembangan pelatihan kepada Komunitas Literasi yang ada di Haltim, baik itu Komunitas Rumah Baca, Lapak Baca, LSM serta PNS Guru. “Akan tetapi apabila tidak ada regulasi yang mengatur maka budaya Literasi tidak aka berjalan dengan efektif. Untuk itu kami mendesak kepada Pemda Haltim, agar segera membuat Perda Literasi,” kata Rusmin, kepada wartawan Cerminhalmahera.com, Kamis (1/8/2019) di Kantor Cermin Halmahera.

Lanjut Rusmin, perda atau peraturan bupati temtang Literasi sangat penting untuk diterbitkan, agar program literasi ini bisa berjalan maksimal. “Mengingat kedepan Haltim akan dibangun perguruan tinggi. Maka dalam menyosong aspek tersebut Perda Literasi adalah solusi peradaban baru untuk Haltim kedepan,”paparnya.

BACA JUGA  210 Peserta Tes CPNS Haltim Lolos Passing Grade

Rusmin mencontohkan, untuk merealisasikan budaya literasi itu, dapat dimulai dengan guru yang diwajibkan membaca 3 buku dalam setiap hari. Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) membaca 2 buku dalam sehari. Begitu juga orang tua satu buku dalam sehari. “Sehingga pengetahuan masyarakat juga akan semakin bertambah, dan nantinya dapat membawa Haltim sebagai daerah yang maju,”tukasnya. (Ady)

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here