Tahapan Pilkades Haltim Terkendala KTP

663

Kadis PMD, Badalan Uat (Foto: Nehemia CH)


MABA, CH- Proses tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) semestinya sudah berjalan di awal Maret 2021. Namun hingga saat ini tahapanya belum berjalan sama sekali.

Informasi yang didapatkan, kendala Pilkades Haltim ini disebabkan karena status kependukan warga yang ber KTP Haltim namun nama mereka terdaftar sebagai warga Transmigrasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Haltim, Badalan Uat mengaku saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan bersama dengan pihak DPRD Haltim, terkait dengan masalah kependudukan tersebut.

“Jadi besok baru kita akan kembali rapat bersama dengan DPRD serta Bagian Hukum Pemerintahan untuk membahas persoalan ini,” kata, Badalan di Kantor DPRD Haltim, Selasa (2/3/2021).

Menurut Badalan, meskipun warga memiliki KTP Haltim namun sudah tinggal di Unit Pemukiman Terpadu (UPT) atau Transmigrasi, tidak bisa lagi terlibat dalam Pilkades, sesuai aturan kependudukan.

Sebab warga Transmigrasi masih dibawah naungan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

BACA JUGA  AMPI Siap Dukung Iksan Maneke Di Musda KNPI Haltim

“Jadi kami juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dengan begitu Pilkades ke depannya tidak terjadi problem-problem seperti tahun-tahun kemarin,” tukasnya.

Disisi lain kata Badalan, persoalan kependudukan ini juga akan berdampak pada pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT), dimana warga yang sudah tinggal di UPT masih menuntut untuk mendapat bantuan tersebut.

“Jadi untuk menghidari persoalan sebelumnya maka hal ini perlu dibahas, jangan sampai ke depan warga sudah tinggal di UPT tetapi ber-KTP di salah satu desa, lalu menuntut untuk mendapatkan BLT,” tutupnya.

Sekedar di ketahui, Pilkada Haltim sebelumnya di rencanakan pada 2020. Namun tahapanya bertepatan dengan Pilkada serentak, akhirnya dijadwalkan kembali di awal tahun 2021. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here