Tiga Ketua Komisi dan Banggar DPRD Halmahera Timur Bakal Berganti

77

Djon Ngaraitji

HALTIM, CH – Tiga ketua komisi di DPRD Kabupaten Halmahera Timur bakal diganti. Pergantian bakal dilakukan dalam waktu dekat.  Ketua DPRD Halamhera Timur, Djon Ngaraitji mengatakan rotasi ini merupakan pergantian alat kelengkapan dewan yang sudah mencapai waktu dua tahun setengah.

“Dalam waktu dekat ini. Alat kelengkapan dewan yang diganti, dan ini sudah sesuai tata tertib DPRD,” kata Djon, Kamis, 24 Maret.

Politikus PDIP itu menambahkan, roling alat kelengkapan dewan (AKD) tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Tata Tertib DPRD. Yaitu posisi atau jabatan masing-masing anggota (ketua komisi) diganti setiap dua tahun setengah.

Pergantian AKD bagian dari dinamisasi dan pengefektifan kerja di masing-masing fraksi. AKD yang diganti diharapkan lebih meningkatkan kinerja wakil rakyat Halmahera Timur.

“Dalam tata tertib waktu roling AKD jelas, dua tahun setengah. Teman-teman anggota di AKD akan dirotasi, karena ini sudah menjadi ketentuan. Saya kira, ketua-ketua komisi juga diroling, ini tergantung proses pemilihan anggota di AKD, tapi lebih diutamakan sistem musyawarah mufakat. Ketua-ketua komisi dan badan anggaran yang akan paling diminati,” jelasnya.

BACA JUGA  DPRD Haltim Sumbag Rp. 2 M Untuk Covid 19

Ketua Fraksi Garasi Demokrasi Indonesia DPRD Halmahera Timur, Yusak Kiramis tak menyoal apabila ada rotasi di internal AKD. Itupun, lanjut Yusak, kalau disetujui anggota tiap fraksi dalam masa sidang kedua periode Mei-Agustus mendatang.

“Saya selaku ketua fraksi Garasi Demokrasi Indonesia setuju roling di internal AKD. Itu sudah diatur dalam peraturan DPRD Halmahera Timur Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD. Tetapi seharusnya di masa sidang nanti mekanismenya melalui usulan fraksi DPRD,” tambah Yusak. (Ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here