Uskup Amboina Maluku-Maluku Utara Kuker di Sula, Ini Tujuanya

Mdr. Seno Ngutra

SANANA, CH- Uskup Keuskupan Amboina Maluku-Maluku Utara, Mdr. Seno Ngutra melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Kepulauan Sula.

Setibanya, di Kepulauan Sula, Rabu (4/10/2023) Mdr. Seno Ngutra bersama rombongan diarak dari Pelabuhan Sanana menuju Gereja Katolik Santa Maria Mater Dei yang berada di Desa Fagudu, Kecamatan Sanana.

Bukan saja di Kepulauan Sula, Seno juga akan mengunjungi Pulau Mangoli dan Pulau Taliabu.

“Jadi dalam wilayah gerejaan kita sebut sebagai Talimas yakni Taliabu, Mangoli dan Sanana. Sekali lagi kehadiran saya pertama-tama tujuan utama untuk mengunjungi dan memperkuat iman orang-orang Katolik yang di tiga pulau ini,” ungkapnya.

Dijelaskannya, supaya mereka (warga katolik) tetap merasa bangga dan bahagia sebagai seorang Katolik. Namun kata dia, kebanggaan itu bukan berati harus menunjukkan kesombongan, tetapi mereka harus membaur antar umat beragama.

“Kalau kita berada di Kepulauan Sula ini tentunya basudara, muslim adalah yang mayoritas, maka saya meneguhkan orang-orang Katolik untuk belajar bergaul dengan basudara muslim, karena di dataran kemanusiaan dan dataran cinta itulah kita bisa bersatu,” terang Seno.

“Kita tidak berbicara tentang soal teologi dan lain sebagainya, karena itu berbeda, tetapi dalam program-program kemanusian, kebaikan, cinta kasih itulah yang masyarakat harus bersatu untuk betul-betul menyadari bahwa mereka berada di negara republik indonesia di bawah payung Pancasila dan UUD 1945,” sambungnya. (K-P)

Show More
Back to top button