Warga Buli Tak Bisa Tidur Malam, Air Laut Tembus Badan Jalan

968

Kondisi Air Laut Yang Masuk Ke Pemukiman Warga di Desa Buli Asal (Foto: Nehemia CH)


BULI, CH- Kondisi lautan yang beberapa hari belakangan ini tidak bersahabat, membuat warga di sejumlah desa dalam wilayah Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Propinsi Maluku Utara (Malut) tak bisa tidur saat malam tiba.

Pasalnya, air pasang yang disertai dengan ombak besar membuat se isi rumah warga yang berada di tepian pantai tergenang air laut, hingga tumpah ke badan jalan.

Hal ini terjadi di Desa Buli Asal, Buli, Gamesan dan beberapa desa lainya. Warga mengaku, peristiwa ini sudah terjadi dalam empat malam berturut-turut. Warga pun ikut mengamankan barang-barang berharga ke tempat yang aman karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tidak bisa tidur malam, karena takut gemuruh ombak yang begitu kuat menghantam tembok penahan ombak hingga masuk ke dalam rumah,” kata Yursen, warga Buli Asal, malam tadi Minggu (31/1/2021).

Warga baru bisa tidur malam setelah air laut kembali surut. Cuaca laut yang tidak bersahabat ini juga membuat para nelayan tidak bisa melaut di siang hari. “Tahun-tahun sebelumnya juga perna terjadi tapi pas di bulan purnama, kali ini bukan lagi di bulan purnama,” jelas Yursen.

BACA JUGA  Panitia HUT RI Di Kecamatan Maba Gelar Rapat Pemantapan

Pantauan cerminhalmahera.com untuk di Desa Buli air laut tumpah hingga ke badan jalan. Hal ini disebabkan karena talud penahan ombak terlalu rendah serta saluran air tidak mampu mengalirkan air sehingga dengan mudahnya air laut masuk ke rumah warga sampai ke badan jalan.

Warga berharap, pemerintah desa maupun pemerintah daerah segera mengambil langka agar masyarakat yang berada di bibir pantau bisa hidup dengan tenang. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here