WVI Serahkan Bantuan Dari Perusahaan Jepang Ke 10 Sekolah TK Di Haltim

350

Serah Terima Bantuan Dari WVI Ke Pihak Sekolah (Foto: Nehemia CH)


BULI, CH- Demi mewujudkan kesehatan anak, Wahana Visi Indonesia (WVI) Area Program Halmahera Timur, membangun fasilitas sanitasi di 10 Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Program ini merupakan bantuan langsung dari Peusahaan Taisei Jepang.

Perusahaan Taisei Jepang memberikan bantuan untuk peningkatan kesehatan anak usia dini di Kabupaten Halmahera Timur melalui WVI sejak Juli 2020 hingga saat ini.

Koordinator bidang kesehatan  Wahana Visi Indonesa Halmahera Timur, Kinanthi Estu Linadi menyebutkan, lembaga PAUD yang menerima bantuan pembangunan fasilitas sanitasi tersebut di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Maba TK Doa Ibu Gamesan, TK Pekaulang, TK Tunas Harapan Geltoli, KB Satu Hati Buli Karya.

Kecamatan Kota Maba TK Mawar Tewil, dan TK Elfira Wailukum. Sementara di Kecamatan Maba Tengah TK Taman Ilmu Tatangapu, TK Wana Widya Loka Maratana Jaya, TK Restu Bunda Dorolamo, dan TK Al-Amin Beringin Lamo.

Masing-masing Paud mendapatkan
fasilitas sanitasi yang dibangun berupa 2 unit MCK untuk anak laki-laki dan perempuan, 1 unit sarana cuci tangan, dan 1 unit fasilitas penampung air.

“Proses pembangunan dilakukan dengan melibatkan pihak sekolah, Pemerintah Desa dan Dinas Pendidikan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD),” kata Kinanthi, di acara serah terima bantuan yang berlangsung, Senin (29/3/2021) di Kantor Desa Geltoli.

BACA JUGA  Ditpolairut Polda Malut Tanam 1500 Pohon Di Wisata Koropon

Ketua TP PKK Kabupaten Haltim yang diwakili oleh Nurmala Hasan mengatakan, WVI mendorong partisipasi pemerintah desa untuk pengadaan akses air bersih di fasilitas sanitasi yang dibangun.

Setelah proses pembangunan selesai, WVI menyerahkan bantuan fasilitas sanitasi tersebut kepada Pemerintah Desa. Proses serahterima dilakukan secara simbolis di Kantor Desa Geltoli dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Kami sudah melihat apa yang sudah dilakukan oleh WVI melalui presentasi tadi. Dengan bantuan fasilitas sanitasi yang diberikan melalui WVI ini, kami mewakili Pemerintah Daerah sangat berterima kasih,” ujar Nurmala

Kepala Desa Gamesan, Edy Nikiyuluw mengatakan, Pembangunan fasilitas sanitasi yang dibangun diharapkan dapat mengurangi beban Pemerintah Desa terkait sarana prasarana untuk Paud di desanya.

“Banyak hal yang telah dilakukan WVI yang membantu desa, termasuk fasilitas sanitasi untuk PAUD ini. Kami mewakili Pemerintah Desa mengucapkan terima kasih. Harapan kami, mudah-mudahan ke depan ada program serupa yang bisa dilanjutkan dan kami kepala desa siap bekerja sama,” ujar Eddy saat memberikan testimoni.

BACA JUGA  Bupati Haltim Serahkan LKPD 2020 Ke BPK RI Malut

Camat Maba Robert Barbakem SH berharap, bantuan yang diberikan oleh Perusahaan Taisei Jepang ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini dan dapat dipelihara sebaik-baiknya.

Setelah proses serah terima selesai, desa dan PAUD diharapkan dapat bertanggung jawab terkait dengan pemeliharaan fasilitas sanitasi yang telah dibangun.

“Sanitasi jamban ini baru dilakukan di Desa Geltoli, pemerintah sanggat bangga dan memberikan apresiasi terhadap Program dari Wahana Visi yang mana telah membantu Pemerintah Daerah sampai ke desa. Bantuan dari luar negeri agar dapat tersalur ke masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Kabid PAUD dan PNFI Dinas Pendidikan Haltim, Suhadi mengatakan, Dinas pendidikan Haltim sangat terbantu atas program dari wahana visi Indinesia dalam segi pendidikan PAUD. Bantuan yang diberikan dari WVI ini dapat membantu pemerintah desa, apalagi semua sekolah PAUD Swasta yang seharusnya dibangun dari desa.

“Kali ini hanya 10 Paud yang dapat bantuan,  kedepan di tambah 10 PAUD lagi, dan kurang lebih 6 tahun lagi WVI berada di Haltim, sisa waktu ini desa-desa yang belum tersentuh agar dapat diakomodir,” harapnya. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here