Bawaslu Haltim Diduga Lindungi Paslon Monas

1315

Ketua DPD Perindo Haltim, Saifudin Malik


MABA, CH- Integritas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara (Malut) patut dipertanyakan. Pasalnya, lembaga yang memiliki fungsi pengawasan pemilu ini diduga melindungi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut tiga, Moh. Abdu Nasar-Azis Hajarat.

Dugaan ini disampaikan langsung oleh Ketua DPD Perindo Haltim, Saifudin Malik. Menurut dia, lembaga Bawaslu yang dipimpin oleh, Suratman Kadir diduga kuat berpihak dan melindungi Paslon dengan Jargon Monas ini karena ada beberapa pelanggaran pemilihan kepala daerah yang dilakukan oleh Paslon Monas maupun tim sukses yang tidak diproses.

“Banyak pelanggaran yang dilakukan oleh, beberapa diantaranya Ketua DPRD Haltim Djon Ngoraitji menggunakan mobil dinas saat kampanye di Maba Selatan, saudara Syahbudi yang juga Anggota DPRD Kabupaten Halmahera Timur dari Partai Garuda yang terekam memberikan uang ke warga untuk mencoblos Paslon Monas, ini tidak diproses sebenarnya ada apa,” tanya Safrudin ke Cerminhalmahera.com, Rabu (28/10/2020).

Lanjut Saifudin, sejauh ini kasus pelanggaran yang gencar diproses oleh Bawaslu hanya pada Paslon nomor urut satu, Hi. Thaib Djalaluddin-Noverius A. Bulango (TIVA) dan Paslon nomor dua Hi. Ubaid Yakub-Anjas Taher (SUBA). “Sementara Monas tidak ada satupun kasus yang diproses padahal banyak temuan kasus, disinilah saya berkesimpulan Bawaslu Haltim diduga kuat melindungi pasangan Monas,” terangnya.

BACA JUGA  Idrus Maneke Siap Menangkan Pilkada Haltim

Untuk itu, Saifudin meminta kepada Bawaslu Maluku Utara untuk memanggil Ketua Bawaslu Haltim Suratman Kadir beserta anggota untuk dimintai keterangan. “Karena saya menilai Bawaslu Haltim tidak lagi independen,” tukasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here